Kamis , 17 Apr 2014, 06:00 WIB

Hattrick Tercepat di Piala Dunia

Rep: Arif Supriyono / Red: Didi Purwadi
Laszlo Kiss
Foto www.elbaloncuscatleco.com

Laszlo Kiss

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Hattrick dalam waktu tercepat dicatat oleh pemain Hungaria, Laszlo Kiss. Hanya dalam tempo enam menit, Kiss mampu membobol gawang El Salvador tiga kali, yakni di menit 70, 74, dan 76. Secara keseluruhan Hungaria menang telak 10-1 atas El Salvador dalam Piala Dunia 1982 Spanyol.

Ada torehan penting yang mewarnai pelaksanaan Piala Dunia pertama di Uruguay pada 1930. Salah satunya adalah penciptaan tiga gol atau dikenal dengan istilah hattrick dalam satu pertandingan.

Penyerang Argentina, Guillermo Stabile, adalah orang pertama yang mampu menciptakan tiga gol dalam satu pertandingan. Itu terjadi dalam laga antara Argentina melawan Meksiko pada 19 Juli 1930 di Uruguay.

Argentina kala itu memang tergolong tim kuat. Tim Argentina akhirnya masuk final dan kalah 2-4 dari tuan rumah Uruguay.

Saat berlaga melawan Meksiko yang tak diunggulkan, di penyisihan grup, Argentina melumatnya dengan skor 6-3. Stabile mampu memborong tiga gol.

Stabile tampil amat agresif selama kejuaraan berlangsung. Ia begitu ditakuti kiper lawan. Pria kelahiran 17 Januari 1905 itu mampu mengemas delapan gol dalam lima pertandingan yang dilakoni Argentina di ajang Piala Dunia 1930. Penyerang ini pun menjadi pencetak gol terbanyak.

Gol-gol yang dicetak Stabile berturut-turut: ke gawang Meksiko (tiga gol), Cile (dua gol), Amerika Serikat (semifinal, dua gol), dan Uruguay (final, satu gol). Ia hanya sekali tak mencetak gol ketika Argentina unggul 1-0 atas Prancis.

sumber : FIFA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
historia piala dunia 1930 hattrick hattrick tercepat piala dunia
Berita Terpopuler
Berita Lainnya