Jumat , 04 Apr 2014, 09:00 WIB

Striker 'Berkaki Dingin' dari Bosnia

Red: Didi Purwadi
Edin Dzeko
Foto Reuters/Sergio Perez

Edin Dzeko

Oleh: Tri Asmoro Ady

Tidak seperti striker pada umumnya yang terlihat macho, kokoh, dan gigih, stylenya yang kalem dan tenang cenderung kurang medapatkan perhatian. Tipikalnya yang demikian seolah-olah tidak perlu mendapatkan pengawalan khusus ketika berada di kotak penalti lawan.

Namun, bila melihat aksinya dalam mencetak gol maupun assistnya selama membela Menchester City, menunjukkan bahwa ia tergolong striker berkelas. Aksinya yang tidak terburu-buru tapi tepat waktu dalam mengambil keputusan untuk mencetak gol, menunjukkan ketajamannya sebagai seorang striker. 

Mencetak gol secara first time (tanpa kontrol bola) dalam situasi sulit, baik dengan kaki maupun dengan heading, seolah menjadi spesialisasinya. Kemampuannya yang tidak terduga ini menjadi momok bagi lawan-lawannya di Piala Dunia 2014 nanti. Gaya dan keahliannya ini seolah-olah menjadi striker 'berkaki dingin' bagi timnya.

Pemain berusia 28 tahun dengan tinggi 1,92 meter ini telah bergabung dengan Menchester Chity sejak 2011. Telah mencetak  17 goal pada musim ini dan berpotensi melewati prestasi 19 gol di musim sebelumnya. 

Bersama Timnas Bosnia Herzegovina berhasil lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil dengan memimpin Grup G menyingkirkan Yunani, Slovakia, dan Lithuania.

Dzeko sendiri mencetak 10 gol dari total 30 gol yang tercipta selama babak penyisihan Grup G. Keberhasilan ini menjadi yang pertama dalam sejarah bagi tim sepak bola Bosnia lolos ke Piala Dunia.

Sanggupkan Edin Dzeko menunjukkan kualitas 'kaki dinginnya' di Brasil? Berada di grup maut, yaitu Group F, bersama  Argentina, Iran dan Nigeria, kita tunggu keberuntungan 'Si Kaki Dingin' Edin Dzeko.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas bosnia herzegovina edin dzeko piala dunia 2014
Berita Terpopuler
Berita Lainnya