Selasa , 06 May 2014, 01:00 WIB

Pelatih Bosnia Optimistis Timnya Buat Kejutan

Rep: cr02 / Red: Fernan Rahadi
Timnas Bosnia merayakan kelolosan ke Piala Dunia untuk kali pertama.
Foto news.com.au

Timnas Bosnia merayakan kelolosan ke Piala Dunia untuk kali pertama.

REPUBLIKA.CO.ID, SARAJEVO -- Pelatih tim nasional Bosnia-Herzegovina Safet Susic berambisi besar untuk membawa timnya masuk ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 di Brasil musim ini.

Bosnia-Herzegovina akan memulai debut pertamanya di Piala Dunia. Mereka berhasil lolos ke Brasil sebagai juara Grup G dengan memperoleh 25 poin. Pelatih yang merupakan mantan pemain sepak bola Yugoslavia itu mengambil-alih tim nasional Bosnia-Herzegovina pada tahun 2009. Susic sukses merubah permainan negara bekas republik Yugolavia itu untuk dapat lolos ke Piala Dunia.

Dalam skuat Bosnia-Herzegovina juga terdapat sebagian pemain yang sukses di liga-liga Eropa, seperti striker andalan mereka Edin Dzeko yang bermain di Manchester City serta Vedad Ibisevic yang bermain untuk Stuttgart. Kedua pemain tersebut merupakan pencetak gol terbaik kedua dan ketiga di kualifikasi Eropa untuk Piala Dunia. Dzeko berhasil mengemas sepuluh gol sedangkan Vedad mencetak delapan gol.

Dengan para pemain yang memiliki kualitas individu, Susic yakin Bosnia dapat mengejutkan tim-tim besar yang difavoritkan menjadi juara Piala Dunia di Brasil. Pelatih berusia 59 tahun itu juga telah melakukan seleksi kepada para pemainnya untuk memilih 23 pemain yang akan dibawa ke Brasil. Gelandang andalah Bosnia-Herzegovina Mensur Mujdza juga kini tengah menjalani masa pemulihan akibat cedera pada pergelangan kakinya untuk dapat tampil dapat masuk dapat tampil di Piala Dunia.