Jumat 28 Dec 2018 21:59 WIB

PLN Beli Listrik dari PLTSa Surakarta

Kerja sama ini mendukung energi terbarukan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Dwi Murdaningsih
Transmisi listrik PLN
Foto: M Syakir/Republika
Transmisi listrik PLN

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan DI Yogyakarta beli listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Surakarta. Power Purchase Agreement (PPA) atau Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (PJBTL) antara PLN UID Jawa Tengah dan DI Yogyakarta dengan PT Solo Citra Metro Plasma Power, selaku operator PLTSa Surakarta, telah dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah, Jumat (28/12).

PLTSa Surakarta yang berada di lingkungan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Solo merupakan proyek percontohan pemanfaatan sampah untuk pembangkit energi listrik.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah, Amir Rosyidin menjelaskan, kontrak PJBTL yang ditandatangani ini merupakan salah satu proses untuk menuju energi terbarukan yang ditargetkan akan mencapai angka 23 persen pada 2025.

Saat ini, pemanfaatan EBT bagi energi listrik masih di angka yang terbilang jauh dari keiginan, yakni baru sekitar 11 persen. “Makanya kami juga berharap proyek ini bisa berjalan dengan baik," katanya.