Banyak Pemudik Alami ISPA dan Batuk di Perjalanan

Red: Christiyaningsih

Selasa 04 Jun 2019 15:41 WIB

Posko kesehatan. Ilustrasi. Foto: Republika TV Posko kesehatan. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Infeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan batuk mendominasi masalah kesehatan para pemudik. Kondisi ini terjadi pada Pelayanan Kesehatan Pos Pengamanan Lebaran 2019 di Citra Raya, Cikupa Kabupaten Tangerang, Banten.

"Rata-rata yang diperiksa dan diberi obat itu selain ISPA dan batuk juga masalah pada lambung, pusing, dan akibat kurang tidur," kata petugas kesehatan Pos Pelayanan Mudik 2019 di Pos Citra Raya, Devi Inggerianie di Tangerang, Selasa (4/6).

Baca Juga

Penyakit tersebut dialami pemudik salah satu penyebabnya karena kurang istirahat dan kondisi tubuh saat menjalani puasa Ramadhan. Petugas di pos pelayanan tersebut telah mencatat dari 29 pasien yang dominan adalah penyakit ISPA, batuk, pusing, dan lambung.

Devi berharap kepada pemudik jika mengalami kelelahan dianjurkan istirahat. Menurut dia, setelah berbuka puasa disarankan untuk banyak minum air putih karena membantu kesehatan selama dalam perjalanan.

Dia juga menyarankan agar pemudik  menjaga pola makan sehat dan hindari yang serba cepat (instan). Petugas kesehatan dari Puskesmas Panongan, Kabupaten Tangerang itu menyarankan agar pemudik memeriksakan diri di pos yang sudah disediakan jika dalam perjalanan merasa kurang sehat.

Terpopuler