Senin 09 Mar 2020 15:28 WIB

Barisan Finalis World Car of the Year 2020

Gelar World Car of the Year (WCOTY) 2020 akan diumumkan pada New York Auto Show.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah
Gelar World Car of the Year (WCOTY) 2020 akan diumumkan pada New York Auto Show (Foto: ilustrasi mengendarai mobil)
Foto: Needpix
Gelar World Car of the Year (WCOTY) 2020 akan diumumkan pada New York Auto Show (Foto: ilustrasi mengendarai mobil)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Bulan depan, jutaan pasang mata pecinta otomotif akan tertuju pada New York Auto Show. Dalam pameran rutin itu, penyelenggara juga akan mengumumkan mobil apa saja yang pantas mendapat gelar World Car of the Year (WCOTY) 2020.

Dilansir dari Car Advice pada Senin (9/3), saat ini penyelenggara telah menentukan barisan mobil yang masuk sebagai finalis WCOTY 2020. Pemilihanya pun cukup ketat, mengingat, 86 juri dari 27 negara dituntut untuk menentukan finalis dari 50 mobil yang masuk nominasi.

Baca Juga

Setelah melalui seleksi yang ketat, juri pun telah menetapkan tiga mobil yang masuk sebagai finalis. Ketiga mobil itu adalah Kia Telluride, Mazda3 dan Mazda CX-30.

Dari sini, terlihat bahwa Mazda jadi salah satu pabrikan yang cukup unggul. Mengingat, pabrikan Jepang itu berhasil membuat dua produk unggulanya masuk jadi finalis.

Di Indonesia sendiri, Mazda CX-30 baru saja diluncurkan pada Januari lalu. Kebutuhan sarana mobilisasi yang beragam mendorong mobil compact crossover jadi salah satu produk yang cukup diminati. Hal ini pun mendorong PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) menghadirkan Mazda CX-30 di pasar Indonesia.

Managing Director EMI, Ricky Thio mengatakan, Mazda CX-30 ini merupakan mobil sport utility vehicle (SUV) compact crossover dengan desain yang tegas dan elegan.

“Lewat produk ini, kami sekaligus menghadirkan car as art. Dengan menonjolkan filosofi desain Jepang, desain secara keseluruhan akan memancarkan keanggunan dengan konsep sleek and bold,” kata Ricky dalam peluncuran Mazda CX-30 di Jakarta Januari lalu.

Lewat bahasa desain itu, mobil dengan kapasitas empat orang dewasa tersebut dihadirkan dengan aura yang menggabungkan ketangguhan SUV dan garis body yang luwes layaknya coupe. Dipadukan dengan desain bagian muka dan buritan yang unik, Mazda pun yakin mobil dengan ground clearance 180 mm ini mampu jadi opsi menarik bagi pengguna yang dinamis dan menginginkan kendaraan yang praktis.

“Mobil ini sangat cocok untuk city driving. Tapi, konsep desain yang mengusung SUV crossover membuat mobil ini juga siap untuk melibas berbagai medan,” ujarnya.

Kembali pada ajang New York Auto Show, selain WCOTY, pameran ini juga akan memberikan gelar untuk kategori World Urban Car, World Luxury Car, World Performance Car dan World Car Design of the Year.

Dari sejumlah kategori itu, mobil yang paling banyak masuk dalam nominasi adalah Porsche Taycan. Mengingat, mobil dari pabrikan Jerman itu masuk dalam sejumlah nominasi seperti World Car Design of the Year, World Performance Car dan World Luxury Car.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement