Sejarah Perang Badar

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 13 May 2020 06:58 WIB

Sejarah Perang Badar. Foto: Lokasi Perang Badar (ilustrasi) Foto: wikipedia Sejarah Perang Badar. Foto: Lokasi Perang Badar (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Salah satu peristiwa besar dalam sejarah awal umat Islam di Bulan Ramadhan adalah Perang Badar. Perang Badar terjadi pada 17 Ramadhan 2 H/624 M. Inilah peperangan pertama yang dilakukan kaum Muslim melawan kaum kafir Quraisy dari Makkah setelah hijrah ke Madinah. Di tengah puasa, sekitar 308 prajurit Muslimin berangkat ke medan perang.

Badar Nama suatu tempat yang terletak antara Makkah dengan Madinah yang terdapat mata air. Tempat ini menjadi pemberhentian sekaligus perlintasan kendaraan, baik yang menuju Makkah atau Jeddah, maupun yang kembali ke Madinah.

Baca Juga

Jaraknya sekitar 148 kilometer (km) dari Madinah. Jika melakukan perjalanan ke sana dari Jar di pantai Laut Merah, menghabiskan waktu satu malam. Di lokasi inilah terjadi perang Badar.

Mereka hendak berhadapan dengan seribuan pasukan Quraisy yang berangkat dari Makkah. Pada Jumat pagi, 17 Ramadhan tahun kedua Hijriyah atau bertepatan dengan 13 Maret 624 M, mereka berhadap-hadapan. Pasukan yang begitu besar tampak siap menerjang kaum Muslimin.