Rabu 08 Jul 2020 10:36 WIB

Mengenal Mimar Sinan, Arsitek Muslim Berpengaruh (1)

Mimar Sinan disebut sebagai arsitek Muslim terbesar.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Mengenal Mimar Sinan, Arsitek Muslim Berpengaruh (1). Foto: Masjid karya arsitek Mimar Sinan di Istambul, Turki.
Foto: Muhammad subarkah
Mengenal Mimar Sinan, Arsitek Muslim Berpengaruh (1). Foto: Masjid karya arsitek Mimar Sinan di Istambul, Turki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mimar Sinan bisa dibilang adalah seorang arsitek Muslim terbesar dan paling berpengaruh sepanjang masa. Dia meninggal persis 432 tahun yang lalu pada 17 Juli 1588. Dilahirkan di Anatolia pada tahun 1489, ia hidup selama puncak Kesultanan Utsmaniyah. Dan selama masa hidupnya, ikon kota Istanbul berubah selamanya.

Sinan adalah putra dari orang tua Kristen Yunani atau Armenia. Pada awalnya dia mengikuti usaha ayahnya sebagai tukang batu dan tukang kayu. Tetapi pada 1512 ia direkrut menjadi korps Janissary dan masuk Islam, serta memulai dinas seumur hidup di rumah kerajaan Ottoman dan kepada Sultan Suleyman pada khususnya.

Baca Juga

Setelah mengikuti pendidikan di sekolah dan pelatihan yang ketat, Sinan menjadi perwira konstruksi di pasukan Ottoman, yang akhirnya naik menjadi kepala artileri. Selama berada di militer ia melakukan perjalanan ke seluruh kekaisaran, seperti Baghdad, Damaskus, Persia dan Mesir.

Ketika pasukan Ottoman melintasi Eropa, Afrika dan Persia, Sinan pergi bersama mereka, mengatur korps teknik untuk militer, dan membangun masjid dan bangunan sipil lainnya di kota-kota baru Ottoman. "Saya melihat monumen, sisa-sisa kuno yang agung. Dari setiap reruntuhan yang saya pelajari, dari setiap bangunan, saya menyerap sesuatu," katanya. Pada tahun 1538, bakatnya tidak bisa lagi diabaikan dan dia diberi posisi sebagai kepala arsitek pemerintahan Sultan di Istanbul.