Ahad 03 Jan 2021 14:53 WIB

MES Australia dan AFSI Bahas Perkembangan Fintech Syariah

Pembiayaan melalui fintech P2P Lendingdi Indonesia capai lebih dari Rp 120 triliun.

Red: Irwan Kelana
Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Australia menggelar webinar ekonomi syariah yang  mengangkat topik  tentang fintech syariah, Senin (28/12).
Foto: Dok MES Australia
Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Australia menggelar webinar ekonomi syariah yang mengangkat topik tentang fintech syariah, Senin (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Bekerja sama dengan Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI), Pengurus Wilayah Khusus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Australia menggelar Education Talk dalam bentuk webinar pada Senin (28/12), dengan mengangkat topik fintech syariah. Agenda tersebut merupakan realisasi program MES Australia dalam memperkuat literasi dan pemahaman mengenai fintech syariah di kalangan komunitas Indonesia di Australia.

Ketua Umum MES Australia, Shaifurrokhman Mahfudz, mengungkapkan bahwa webinar ini juga ditujukan untuk menggali isu-isu penting dalam mendukung perkembangan fintech syariah di Indonesia serta menggali potensi pengembangan fintech syariah di Australia. “Selain itu, dari event ini kita berharap akan terbangun kolaborasi antara MES Australia dan AFSI,” tutur Shaif, panggilan akrabnya, dalam rilis yang diterima Republika.co.id,Ahad (3/1).

Peserta webinar ini terdiri dari pengurus MES Australia, para pemangku kepentingan (stakeholders) MES Australia, dan pengurus AFSI sendiri. Terdapat dua narasumber yang memaparkan materi dalam kesempatan tersebut, yaitu Emil Edhie Dharma (Wakil Ketua Umum dan Ketua Harian AFSI) dan Jamil Abbas (Head of Impact Development AFSI).

Dalam paparannya, Emil menyampaikan perkembangan sektor fintech di Indonesia, baik industri fintech secara umum maupun fintech syariah. Saat ini, jelas dia, para pelaku industri fintech di Indonesia bergerak di empat klaster, yaitu peer-to-peer (P2P) lending, inovasi keuangan digital, sistem pembayaran (payment gateway), dan equity crowd funding (ECF).