Senin 05 Apr 2021 20:48 WIB

Rumah di Cakung Terbakar Usai AC Meledak

Gulkarmat Jakarta menyebut kebakaran diduga berasal dari peranti AC yang meledak.

Rep: Febryan A/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi Kebakaran
Foto: IST
Ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah rumah di Kampung Jembatan, Kelurahan Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, terbakar pada Senin (5/4) malam. Api diduga muncul setelah pendingin ruangan atau AC rumah tersebut meledak.

Kasiops Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur, Gatot Sulaeman, mengatakan, kebakaran itu terjadi karena korsleting listrik. Kejadiannya bermula ketika arus listrik rumah tersebut terputus pada pukul 18.00 WIB.

Pemilik selanjutnya menaikkan kembali meteran listrik. "Setelah menaikkan meterannya, langsung AC rumah itu meledak," kata Gatot dalam keterangannya, Senin.

Api dari ledakan itu selanjutnya mulai menjelar dan membakar ruangan lantai 2 rumah. Pihak pemadam kebakaran menerima laporan kebakaran itu pukul 18.15 WIB. Sebanyak 15 unit mobil pemadam beserta 70 personel langsung dikerahkan.

Pemadaman mulai dilakukan pukul 18.35 WIB. Pemadaman rampung pukul 19.21 WIB.

Gatot mengatakan, tak ada korban jiwa saat kebakaran di rumah yang dihuni tujuh jiwa itu. Adapun area terbakar di lantai dua rumah itu seluas 28 meter persegi. "Kerugian ditaksir sekitar Rp 70 juta," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement