Mendekati Allah Melalui Puasa Ramadhan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 16 Apr 2021 16:25 WIB

Mendekati Allah Melalui Puasa Ramadhan. Foto:  Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Mendekati Allah Melalui Puasa Ramadhan. Foto: Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Puasa merupakan ibadah yang dikhususkan untuk Allah SWT sesuai sabda Rasulullah SAW bahwa "Allah berfirman, Semua amal anak Adam untuknya kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku yang akan membalasnya."

Untuk itu puasa dapat mendekatkan hambanya kepada Allah SWT yang menciptakannya. "Dalam kesempatan yang lain Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa ibadah puasa ini benar-benar penghubung langsung antara seorang makhluk dengan Tuhannya," kata Penghulu Muda KUA Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar Ustadz Muhammad Nasril, Lc. MA saat menyampaikan tausiyah onlinenya, Jumat (16/4).

Baca Juga

Ustadz Muhammad Nasril mengatakan, puasa menjadi tempat untuk melatih keikhlasan sehingga puasa menjadi ibadah yang begitu mulia. Karena ibadah puasa langsung dinilai atau dibalas oleh Allah SWT. 

Untuk menjelaskan ini Ustadz Muhammad Nasril menyampaikan riwayatkan dalam sebuah hadits qudsi: "Setiap amal manusia adalah untuknya kecuali puasa, sesungguhnya (puasa) itu untuk-Ku, dan Aku yang akan membalasnya “ ( HR Ahmad dan Muslim).