Senin 23 Aug 2021 12:51 WIB

SVN Telkom Bantu Genjot Pendapatan BUMDes

Aplikasi SVN Simpeldesa juga membuka peluang penambahan pendapatan warga desa

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Budi Raharjo
Hadirnya Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom, dengan aplikasi Simpeldesa membantu BUMDes, menambah pendapatan warga desa.
Foto: Telkom
Hadirnya Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom, dengan aplikasi Simpeldesa membantu BUMDes, menambah pendapatan warga desa.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Digitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mulai marak di Indonesia. Namun, kerap terkendala situasi dan sumber daya. Hadirnya Smart Village Nusantara (SVN) PT Telkom, dengan aplikasi Simpeldesa membantu BUMDes, menambah pendapatan warga desa.

Menurut Ketua BUMDes Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Nana Mulyana, aplikasi SVN yakni Simpeldesa juga membuka peluang penambahan pendapatan warga desa yang menekuni usaha mikro. Khususnya dalam penyedian jasa pembayaran mulai dari listrik, pulsa, dan lainnya.

Nana mengatakan, sejak menggunakan Simpeldesa dua bulan lalu, transaksi harian dari Mitra BUMDes yakni warung kelontongan/warga yang membuka jasa pembayaran tersebut berada di kisaran 10 transaksi per hari dengan skema bagi hasil keuntungan 70 persen untuk mitra dan 30 persen untuk BUMDes. 

"Selain pembayaran, kami juga sudah punya usaha sewa kursi lipat yang jumlahnya sudah mendekati 200 buah. Juga, menjadi mitra pemasok susu sapi perah ke KPSBU di Kecamatan Lembang dengan kepemilikan enam sapi dari BUMDes," ujar Nana, kepada wartawan, Senin (23/8).