Rabu 22 Sep 2021 22:39 WIB

USU Luncurkan Layanan Kesehatan Jarak Jauh Penderita Covid

Telemedicine COVID-19 merupakan pengabdian masyarakat USU khususnya membantu pasien.

Red: Dwi Murdaningsih
Covid 19 (ilustrasi)
Foto: Max Pixel
Covid 19 (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Universitas Sumatera Utara (USU) meluncurkan layanan kesehatan jarak jauh daring atau telemedicine bagi penderita COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri. Telemedicine COVID-19 merupakan bentuk pengabdian masyarakat USU khususnya membantu pasien COVID-19.

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan hal itu dalam sambutannya pada Dies Natalis ke-69 USU yang digelar secara hybrid, pada Selasa (21/9). Ia menyebutkan dengan layanan ini, pasien COVID-19 tidak perlu ke rumah sakit dan bisa konsultasi serta mendapatkan obat yang diantar langsung ke alamat pasien.

Baca Juga

Penderita COVID-19 tinggal mengakses laman rawatcovid-sumut.usu.ac.id untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan."Program ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang terpapar virus yang berawal menyebar dari Wuhan, China," ujarnya.

Amin menjelaskan, program Telemedicine COVID-19 merupakan hasil kolaborasi antara Pemkot Medan, Pemprov Sumut, USU dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).Telemedicine juga merupakan bukti nyata keberhasilan kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan komunitas.