Mahasiswa UMS Juarai CHRONICS UGM

Rep: Binti Sholikah/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMS.
Kampus UMS. | Foto: Yusuf Assidiq.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyabet 2nd Runner Up serta The Most Favorite Product dalam ajang Challenge On Product Design and Ergonomics (CHRONICS) 2021 yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Gadjah Mada (HMTI UGM) Yogyakarta secara virtual.

Kompetisi Desain Produk dan Ergonomi tingkat Asia tersebut mengambil tema A Revolutionary Contrivance to Improve Quality of Sleep. CHRONICS 2021 bertujuan untuk mendorong inovasi produk yang dapat meningkatkan kualitas tidur di tempat yang sesuai maupun tidak sesuai.

Tim Despromic Warriors UMS yang berkompetisi di ajang CHRONICS itu terdiri dari Ferdian Adhitama, Aris Indrianto, dan Danar Tri Bintoro yang merupakan mahasiswa Teknik Industri UMS. Despromics UMS merupakan grup diskusi yang di dalamnya membahas tentang cara menciptakan dan mendesain sebuah produk yang ergonomis dan ekonomis.

Ketua tim, Ferdian Adhitama mengatakan, event CHRONICS 2021 sangat berkesan karena pertama kalinya timnya berkompetensi di level Asia. "Berkesan sekali karena ini pertama kalinya saya dan tim berkompetensi ditingkat Asia, dan juara," ujar Ferdian.

Dalam ajang tersebut, Tim Despromics Warriors UMS membuat produk inovatif berupa Smart and Advanced Bed. Produk itu dinilai oleh juri memiliki tingkat ergonomi serta keunikan yang tinggi. Di sisi lain analisis ekonomi, kesehatan serta kelayakan industri juga menjadi penilaian oleh juri dalam kompetisi ini.

Pada tahap Final Stage terdiri dari kegiatan Pembukaan, Case Study, Q&A Full Proposal dengan Juri, lalu Closing and Awarding Night. Kepala Biro Kemahasiswan UMS, Ahmad Kholid AlGhofari, berpesan dengan adanya capaian prestasi di era pandemi tersebut dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk tetap meraih prestasi dan berkontribusi positif bagi mahasiswa dan institusi.

Wakil Rektor III UMS Bidang Kemahasiswaan, Ihwan Susila, berharap dengan adanya raihan prestasi ini mahasiswa UMS dapat berkontribusi baik dengan mengikuti program kreativitas mahasiswa (PKM), maupun perlombaan dalam mengasah keahlian dan daya saing.

Terkait


UMS Terima 111 Mahasiswa Internasional dari 16 Negara

Dua Atlet Tapak Suci UMS Berlaga di PON Papua

UMS Delegasikan 3 Tim Ikuti Lomba Robot KRI 2021

Sebanyak 365 Mahasiswa UMS Raih Beasiswa

Mahasiswa UMS Garap Perberdayaan Disabilitas di Desa Mlese

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark