Rabu 17 Nov 2021 11:05 WIB

Kontraktor Senjata Israel Siapkan Robot Pengganti Tentara

Rook UGV dibuat sebagai induk dari kendaraan tanpa awak untuk berbagai misi.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Teguh Firmansyah
ROOK UGV
Foto:

ROOK dioperasikan baik melalui aplikasi TORCH-X RAS atau melalui unit layar tahan cuaca tujuh inci, memungkinkan satu operator untuk mengatur beberapa sistem tak berawak. Mesin dapat menavigasi gurun, salju atau medan kasar lainnya sepanjang waktu.

Sensor canggih robot ini dapat mengenali tentara dan mengikuti mereka di lapangan, memungkinkannya melaju di luar jalan raya tanpa jatuh. Armada ini pun dapat membedakan antara rumput, batu, dan jalur lain agar tetap di jalurnya dan menghindari kecelakaan, seperti ada manusia yang mengendarainya.

Perusahaan mengharapkan mesin itu digunakan untuk mengirimkan pasokan, berfungsi sebagai medevac untuk menarik korban dari lapangan, mengambil bagian dalam misi pengumpulan intelijen, termasuk membawa dan mengirim drone, dan berfungsi sebagai sistem senjata jarak jauh.

Robot yang dibuat oleh perusahan yang berkantor di Amerika Serikat dan Israel ini menelan biaya antara 150 ribu dan 300 ribu dolar AS, tergantung pada konfigurasi. ROOK siap digunakan dan sudah dievaluasi oleh beberapa klien dari Roboteam.

Roboteam pun merancang program selanjutnya yang akan mengkolaborasi antara robot udara dan darat. Misalnya mengerahkan robot udara dan robot darat untuk memotret area tertentu, kemudian menggabungkan gambar-gambar itu untuk mendapatkan perspektif yang utuh.

Baca juga : Taliban Tangkap Pria Afghanistan Jual 130 Perempuan

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا طَلَّقْتُمُ النِّسَاۤءَ فَبَلَغْنَ اَجَلَهُنَّ فَلَا تَعْضُلُوْهُنَّ اَنْ يَّنْكِحْنَ اَزْوَاجَهُنَّ اِذَا تَرَاضَوْا بَيْنَهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ ۗ ذٰلِكَ يُوْعَظُ بِهٖ مَنْ كَانَ مِنْكُمْ يُؤْمِنُ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ ۗ ذٰلِكُمْ اَزْكٰى لَكُمْ وَاَطْهَرُ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ
Dan apabila kamu menceraikan istri-istri (kamu), lalu sampai idahnya, maka jangan kamu halangi mereka menikah (lagi) dengan calon suaminya, apabila telah terjalin kecocokan di antara mereka dengan cara yang baik. Itulah yang dinasihatkan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman kepada Allah dan hari akhir. Itu lebih suci bagimu dan lebih bersih. Dan Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui.

(QS. Al-Baqarah ayat 232)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement