Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

Sunday, 27 Zulqaidah 1443 / 26 June 2022

27 Zulqaidah 1443
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tips Tetap Nyaman Saat Memakai Masker Ganda

Senin 20 Dec 2021 13:01 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Menggunakan masker ganda sering membuat tidak nyaman dan sulit bernapas (Foto: ilustrasi)

Menggunakan masker ganda sering membuat tidak nyaman dan sulit bernapas (Foto: ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Menggunakan masker ganda sering membuat tidak nyaman dan sulit bernapas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah studi yang diterbitkan oleh Centers for Disease Control (CDC) pada Februari 2021 menemukan bahwa memakai dua masker lebih efektif mencegah penularan virus Covid-19. Dalam penelitian menunjukkan, mengenakan satu masker medis dilapisi masker kain bisa meningkatkan perlindungan terhadap SARS-CoV-2. 

Meski efektif, menggunakan masker ganda sering kali membuat seseorang tidak nyaman. Banyak hal yang membuatnya tak nyaman, mulai dari kesulitan bernapas hingga bahan masker yang membuat penggunanya tidak nyaman.

Baca Juga

Dilansir dari Yahoo News, Senin (20/12), ada empat tips yang bisa dilakukan saat menggunakan masker ganda.

1. Pilih dua masker yang memiliki lapisan cukup 

Semakin banyak lapisan, semakin banyak penghalang yang bisa menangkal virus. Masker wajah N95 adalah standar paling bagus dalam hal perlindungan. Masker N95 bisa digunakan ganda dengan masker bedah. Ini akan memiliki perisai yang efisien terhadap partikel virus.

Masker bedah bisa melindungi dari paparan virus. Akan tetapi, karena ukurannya yang longgar, masker ini tidak mudah untuk menahan semua partikel aerosol yang lebih kecil. Dengan demikian disarankan untuk menggunakan masker kain setelah memakai masker bedah.

2. Kenakan masker dengan penyaringan udara

Masker dengan kemampuan penyaringan terbesar harus digunakan terlebih dahulu, seperti N95, KN95, atau masker bedah yang terpasang dengan baik. Pastikan masker tertutup rapat di wajah.

Data menunjukkan bahwa masker kain tertentu mungkin tidak protektif seperti yang diharapkan. Penelitian telah menemukan bahwa masker dengan banyak lapisan dapat memblokir 50hingga 70 persen dari partkel kecil.  

3. Pastikan memilih kain yang mudah untuk bernapas

Masker yang membuat nyaman bernapas saat dipakai tentu akan dicari. Ingatlah, bahan-bahan tertentu dapat membuat seseorang sulit bernapas saat menggunakan masker. Itu sebabnya, meski menggunakan masker kain, sebaiknya gunakan bahan yang membuat tidak sulit bernapas.

4. Pilih masker yang pas di wajah

Memakai masker yang pas di wajah akan membantu memberikan kenyamanan bagi pemakainya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile