Grup Idol Korea yang Pernah Jadi Paling Berjaya di Masanya

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Grup Idol Korea yang Pernah Jadi Paling Berjaya di Masanya. Grup KPop EXO
Grup Idol Korea yang Pernah Jadi Paling Berjaya di Masanya. Grup KPop EXO | Foto: Wikimedia

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG – Ada banyak grup idol Korea Selatan yang masuk jajaran papan atas di era kini. Namun tidak semua bisa disebut sebagai grup yang paling berjaya pada beberapa tahun terakhir.

Twice, BTS dan Blackpink merupakan tiga grup idol Korea yang paling banyak menguasai pasar musik K-Pop selama lima sampai enam tahun terakhir. Hal ini dibuktikan melalui berbagai macam penghargaan yang pernah mereka peroleh, baik di dalam maupun luar negeri. Ditambah lagi dengan tingkat penjualan album yang tinggi dan video musik dengan jumlah view yang besar.

Berkenaan dengan hal tersebut, Republika mencoba menghadirkan sejumlah grup idol yang pernah menjadi paling berjaya di masanya selain BTS, Blackpink dan Twice. Berikut ini daftar grup-grup tersebut.

H.O.T

Baca Juga

High-five Of Teenagers atau biasa disebut H.O.T merupakan grup idol Korea pria tersukses pada generasi pertama. Grup yang berada di bawah naungan agensi SM Entertainment ini debut pada 1996 dan dibubarkan pada 2001. Grup ini terdiri atas sejumlah anggota yakni Kangta, Heejoon, Woonhyuk, Tony An dan Jaewon.

H.O.T berhasil menjual 6,4 juta albumnya selama lima tahun berkarier. Penjualan ini tidak hanya sukses di Korea Selatan tapi juga Jepang hingga ke Cina. Grup ini juga acap mendapatkan penghargaan bergengsi di Korea yang salah satunya pernah menjadi penerima Golden Disk Award di awal karier.

DBSK/TVXQ

SM Entertainment merupakan agensi yang acap sukses menelurkan grup-grup idol di Korea Selatan. Selain H.O.T, grup DBSK/TVXQ juga lahir dari grup yang didirikan oleh Lee Soo Man tersebut. DBSK dibentuk pada 2003 dengan lima anggota, yakni U-Know Yunho, Max Changmin, Hero Jaejoong, Micky Yoochun dan Xiah Junsu.

Singel debut DBSK yang berjudul “Hug” sukses menduduki lima besar pada pemeringkatan lagu bulanan MIAK. Tak hanya itu, album “Tri-Angle” dan “Rising Sun” juga laris di pasar musik Korea Selatan. Kesuksesan ini juga turut dialami DBSK saat memasuki pasar musik Jepang pada 2006.

Saat ini, grup pelantun “Mirotic” ini hanya memiliki dua anggota. Kedua anggota ini antara lain U-Know Yunho dan Max Changmin. Tiga anggota lainnya memilih tidak memperpanjang kontrak pada 2009 sehingga hengkang dari DBSK/TVXQ.

Wonder Girls

Teman-teman, apa pernah mendengar lagu “Nobody”? Lagu yang sempat ngetren di sejumlah negara ini ternyata dipopulerkan oleh Wonder Girls. Wonder Girls merupakan grup idol yang dibentuk oleh agensi JYP Entertainment pada 2007.

Wonder Girls terdiri atas anggota Sunmi, Yeeun, Hyerim, Yubin dan Sohee. Lagu dari grup idol perempuan ini acap sukses dan menjadi tren di pasar musik Korea seperti “Tell Me”, “So Hot”, dan “Nobody”. Kesuksesan ini membuat Wonder Girls melakukan tur konser internasional di sejumlah negara di Asia hingga Amerika Serikat.

SNSD/Girls Generation

Lagu “Gee” merupakan karya yang paling fenomenal dari grup SNSD atau Girls Generation. Kesuksesan ini membuat SNSD menjadi grup idol perempuan teratas di Korea Selatan. Setelah itu, lagu-lagu yang dibawakan grup ini pun selalu sukses di pasar musik Korea bahkan internasional.

SNSD dibentuk pada 2007 dengan jumlah anggota sebanyak sembilan orang. Grup yang berada di bawah naungan agensi SM Entertainment tersebut harus kehilangan satu anggotanya, Jessica pada 2014. Kemudian anggota grup ini berkurang hingga menjadi lima orang pada 2017 karena Sooyoung, Seohyun dan Tiffany menolak untuk memperpanjang kontrak. Saat ini grup yang menyisakan Taeyeon, Yoona, Yuri, Hyoyeon dan Sunny ini sibuk dengan aktivitas solo masing-masing.

Big Bang

Big Bang merupakan grup idola Korea Selatan yang debut pada 2006 di bawah agensi YG Entertainment. Grup ini awalnya memiliki lima anggota, yakni G-Dragon, Taeyang, TOP, Daesung dan Seungri. Pada 2019, anggota termuda Seungri menyatakan berhenti dari dunia hiburan dan Big Bang setelah terkena kasus klub Burning Sun dan skandal lainnya.

Big Bang termasuk grup idol Korea pria yang paling sukses di generasi kedua. Grup pelantun “Fantastic Baby” ini acap mendapatkan perhatian besar di industri musik Korea. Hal ini dibuktikan dengan tingkat penjualan album yang acap tinggi termasuk jumlah view musik video. Tak hanya musik, grup ini terutama G-Dragon juga selalu menjadi rujukan fashion di Korea Selatan.

EXO

EXO merupakan grup idol Korea yang berada di bawah naungan agensi SM Entertainment. Grup yang debut pada 2012 ini mendapatkan kesuksesan besar di musik Korea.  Kesuksesan ini ditandai dengan album pertama “XOXO” (2013) yang berhasil terjual lebih dari satu juta eksemplar. Hal ini membuat EXO menjadi grup idol Korea terlaris selama 12 tahun terakhir.

Grup pelantun “Growl” ini juga acap menempati posisi lima besar sebagai selebritas paling berpengaruh dalam daftar Forbes Korea Power Celebrity. Capaian ini berhasil diraih EXO setiap tahun dari 2014 sampai 2018. Grup yang diketuai Suho ini juga selalu dijuluki "boy band terbesar di dunia" dan "kings of K-pop" oleh media.

Terkait


Korsel dan AS Sepakati Rancangan Pengakhiran Perang Korea

Korean Wave, Kenikmatan atau Imperialisme?

Sepuluh Kata Panggilan Terpopuler dalam Bahasa Korea

Trend Fashion Korea Mendominasi Remaja Pekalongan

Wajib Nonton, 5 Hal Menarik dari KDrama Reflection of You

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark