Pameran Seni Purbalingga Ramaikan Peringatan Hari Perdamaian Sedunia

Red: Muhammad Fakhruddin

Pameran Seni Purbalingga Ramaikan Peringatan Hari Perdamaian Sedunia (ilustrasi).
Pameran Seni Purbalingga Ramaikan Peringatan Hari Perdamaian Sedunia (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Abriawan Abhe

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Pegiat seni yang tergabung dalam Kie Art Cartoon School, Desa Sidareja, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menggelar pameran seni bertajuk Bazaar Art Cartoon Village Sidareja untuk meramaikan peringatan Hari Perdamaian Sedunia.

Pameran dalam balutan tema Indahnya Kebersamaan itu digelar selama tiga hari di Kelenteng Hok Tek Bio, Purbalingga, 14-16 Januari 2022. "Ini merupakan pameran pertama kami dengan menampilkan pertunjukan dan hasil karya seni dari beberapa kelompok Pemuda Seni Kie Art Cartoon dari Desa 'Kartun' Sidareja," kata pegiat Kie Art Cartoon School Slamet Santosa di Purbalingga, Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan Bazaar Art Cartoon Village Sidareja akan menjadi wadah bagi para pemuda seni dan seniman yang berkolaborasi dalam menampilkan karya-karya yang selama ini dilatih dan dikembangkan di desanya. Dengan demikian, kata dia, karya-karya tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat luas selain dalam misi mengedukasi dan melestarikan budaya Desa Sidareja.

Ia menjelaskan, selain karya pertunjukan seperti seni Ebeg Sidareja, seni karawitan, tari Ujungan 111th history desa, ataupun dalang Jemblung Kusno Umah Wayang, kegiatan ini juga menampilkan karya seni kerajinan tanganseperti lukisan, sepatu lukis, tas lukis, lampu lukis, kriya bamboo, dan ada juga karya blangkon Sudirman.

Baca Juga

"Tentu saja dalam waktu ke depan akan dikembangkan dan lebih bervariasi dalam produk-produk handmade karya pemuda seni," katanya.

Pegiat Kie Art Cartoon School lainnya, Gita Thomdean mengatakan Bazaar Art Cartoon Village Sidareja juga semakin unik dengan kolaborasi seniman Ebeg Chune Mayong yang melukis secara langsung (live painting) dengan iringan gamelan Jawa.

Menurut dia, lukisan karya Ebeg Chune Mayong yang mengusung tema Kebhinekaan dapat dinikmati dalam acara untuk memperingati Hari Perdamaian Sedunia tersebut. Bahkan, kata dia, Ebeg Chune Mayong menjadi figur panutan para pemuda seni Kie Kartun yang mempelajari keminatan di seni rupa.

 

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Bingung Saat ke Pameran Seni? Coba Cara Ini

Abu Dhabi Art Umumkan Tanggal Pameran Tahun 2022

Pameran Potret Kyai di ISI Yogyakarta

Pamern Printmaking Today di Selasar Sunaryo Space Art

Presiden Palestina Sampaikan Pentingnya Perkuat Hubungan dengan AS

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark