Rabu 26 Jan 2022 13:33 WIB

Dari Youtube, Twitter, TikTok, Facebook, Hingga Instagram Berbondang-bondong Lirik NFT

Sejumlah platform medsos bahkan sedang menjajaki peluncuran marketplace NFT.

Rep: Cari Cuan/ Red: Partner
.
.

Sejumlah platform medsos mulai melirik Non-Fungible Token alias NFT (foto: pixabay).
Sejumlah platform medsos mulai melirik Non-Fungible Token alias NFT (foto: pixabay).

Non-Fungible Token alias NFT begitu viral menarik perhatian masyarakat akhir-akhir ini. NFT bisa dibilang turunan sistem blockchain berupa aset atau sertifikat digital yang menandakan kepemilikan sebuah karya.

Pemilik karya bisa menjual NFT ke orang lain dengan harga murah hingga selangit. Pembayaran NFT dilakukan dengan mata uang kripto, yang umumnya menggunakan Ethereum. Beberapa NFT berhasil dijual dengan harga fantastis seperti yang dilakukan Ghozali Everyday dari Indonesia.

Selama setahun terakhir, NFT memang telah memperlihatkan lonjakan popularitasnya. Menurut data dari pelacak pasar DappRadar, pada 2021, penjualan NFT mencapai sekitar 25 miliar dolar AS meskipun ada tanda pertumbuhan melambat menjelang akhir tahun.

Ada gula ada semut. Melihat potensi NFT yang begitu besar, sejumlah platform media sosial (medsos) raksasa berbondong-bondong memanfaatkan NFT. Platform medsos berbasis video, Youtube misalnya,

Youtube mengumumkan akan merilis fitur terbaru yang memanfaatkan NFT untuk para kreatornya. Hal itu disampaikan CEO Youtube Susan Wojcicki pada Selasa, 25 Januari 2022.

“Kami selalu fokus pada perluasan ekosistem Youtube untuk membantu pembuat konten memanfaatkan teknologi baru, termasuk hal-hal seperti NFT sambil terus meningkatkan pengalaman yang dimiliki pembuat dan penggemar di Youtube," kata Wojcicki dalam sebuah surat di prioritas platformnya pada 2022 dikutip dari kantor berita Reuters.

Namun, seorang juru bicara Youtube menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang potensi fitur NFT yang pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg News.

Pekan lalu, platform medsos raksasa lainnya, Twitter, juga mengumumkan peluncuran alat yang bisa dipakai pengguna akun Twitter untuk menampilkan NFT sebagai gambar profil heksagonal.

Januari 2022 ini, Financial Times melaporkan bahwa Meta Platforms Inc, perusahaan milik Mark Zuckerberg, sedang mengerjakan cara untuk memungkinkan pengguna membuat dan menjual NFT di akun medsos Facebook dan Instagram. Meta sepertinya bakal menjadi perusahaan terbaru yang terjun ke industri NFT.

Beredar rumor, tim teknis Facebook dan Instagram sedang mengembangkan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memajang NFT di profil medsosnya. Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna mengerjakan prototipe membuat atau minting token NFT. Meta juga sedang mendiskusikan peluncuran marketplace NFT agar pengguna bisa melakukan transaksi NFT.

Petinggi Instagram Adam Mosseri pada Desember 2021 sempat menyatakan perusahaannya memang sedang mengeksplorasi peluang di industri NFT. Namun, ia masih enggan membagikannya secara detail.

Justru platform medsos video pendek TikTok pada September 2021 mulai menggila dengan mengumumkan koleksi NFT yang dirancang oleh beberapa pembuat konten ngetopnya.

sumber : https://caricuan.republika.co.id/posts/34291/dari-youtube-twiter-tiktok-facebook-hingga-instagram-berbondang-bondong-lirik-nft
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement