Jumat 25 Mar 2022 11:36 WIB

AS akan Menerima 100 Ribu Pengungsi Ukraina

AS juga akan memberikan bantuan senilai 1 miliar dolar AS dalam bantuan kemanusiaan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan di Brussels, Kamis (24/3/2022).
Foto: AP Photo/Evan Vucci
Presiden AS Joe Biden dalam pertemuan di Brussels, Kamis (24/3/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Amerika Serikat (AS) akan menerima hingga 100 ribu pengungsi Ukraina. Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (24/3/2022), Gedung Putih mengatakan pemerintahan akan memberikan bantuan senilai 1 miliar dolar AS dalam bantuan kemanusiaan, serta 320 juta dolar AS untuk meningkatkan demokrasi dan hak asasi manusia di Ukraina dan negara-negara tetangganya.

Sebagian besar pengungsi Ukraina akan diterima di bawah undang-undang AS yang memberikan "pembebasan bersyarat kemanusiaan". Hal serupa juga berlaku bagi ribuan warga Afghanistan yang mengungsi ke AS.

Baca Juga

Presiden AS Joe Biden mengatakan, penerimaan pengungsi Ukraina tidak harus dibebankan kepada Polandia, Rumania, dan Jerman. Menurut Biden, pengungsi Ukraina adalah tanggung jawab internasional dan Amerika Serikat sebagai pemimpin.

“Ini adalah tanggung jawab internasional dan Amerika Serikat sebagai pemimpin, salah satu pemimpin di komunitas internasional, memiliki kewajiban untuk terlibat,” kata Biden, dilansir Aljazirah, Jumat (25/3/2022).