Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

Tuesday, 12 Jumadil Awwal 1444 / 06 December 2022

12 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

8 Tips Agar Masa Kuliahmu Menyenangkan & Tidak Terlupakan

Senin 11 Apr 2022 20:07 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Kuliah

Kuliah

Apakah kamu sebentar lagi akan masuk kuliah?

Banyak yang berkata kalau SMA adalah masa-masa paling indah dalam hidupnya, menjadikan masa ini tidak pernah terlupakan. Bahkan kalau bisa memutar waktu, banyak yang ingin kembali ke masa SMA karena menganggap kuliah itu sulit dan membosankan.

Padahal, pelajaran berharga tentang kehidupan justru didapat saat kuliah. Pelajaran ini pula yang membuat seseorang semakin dewasa, khususnya saat menghadapi suatu masalah.

Mau masa kuliahmu menyenangkan dan tidak terlupakan? Yuk, lakukan beberapa tips berikut ini untuk mewujudkannya.

 

1. Pilih Jurusan yang Sesuai Passion

Jurusan Kuliah

Kebahagiaanmu selama kuliah tidak lepas dari pengaruh jurusan yang kamu pilih, lho! Pastikan memilih jurusan yang sesuai dengan passion, sehingga tidak ada kata menyesal setelah memasuki dunia perkuliahan nanti.

Jangan karena ingin terlihat keren, kamu ikut-ikutan sama teman. Ikuti kata hatimu sendiri karena selama proses perkuliahan nanti, kamu lah yang tahu seperti apa rasanya. Sementara orang lain hanya bisa melihat dan menasehati saja, tidak bisa berbuat apa-apa.

2. Ikut Organisasi Biar Link Makin Banyak

Selama kuliah nanti, jangan mau menjadi mahasiswa “kupu-kupu” yang tahunya kuliah pulang saja. Selain membosankan, pengalamanmu juga sangat minim. Ini akan membuatmu kesulitan untuk menghadapi persaingan di dunia kerja nanti.  

Lebih baik ikuti organisasi yang ada di kampus untuk menambah pengalaman sekaligus memperluas link. Lumayan untuk menambah teman diskusi, baik itu tentang organisasi, pelajaran di kampus, atau kegiatan lain yang berbau bisnis.

Baca Juga: 7 Cara Cerdas Lulus Kuliah Tepat Waktu Bagi Mahasiswa

3. Cari Sosok Sahabat

teman kuliah

Kehadiran sahabat tentu akan membuat masa kuliahmu menyenangkan, bukan? Cari satu atau dua orang yang bisa dijadikan sahabat, sehingga kamu punya teman berbagi cerita dan pengalaman selama masa kuliah nanti.

Mengingat mencari sosok sahabat tidak mudah, jadi bersikap selektif itu sangat diperlukan. Tidak hanya baik dan jujur, tapi juga bisa dipercaya karena sahabat lah yang nantinya akan lebih banyak mengetahui ceritamu di bangku perkuliahan. 

4. Ikuti Acara di Luar Kampus

Sesekali, ikutilah acara di luar kampus yang berbeda dari biasanya, seperti acara musik, drama, olahraga, atau kegiatan alam. Selain menghilangkan kebosanan, acara-acara seperti ini juga bagus untuk menambah pengalaman, skill, dan teman sehingga networking semakin luas lagi.

Sebaiknya cari informasi sebanyak-banyaknya agar bisa mengikuti acara di luar kampus. Biasanya akan ada broadcasting untuk setiap acara yang akan dihelat dalam waktu dekat. Pastikan juga aktif di sosial media, ya!

5. Buat Acara Bersama Teman Seangkatan

acara angkatan

Jangan hanya mengikuti acara orang lain saja, tapi buat juga acaramu sendiri. Kamu bisa ajak teman-teman seangkatan untuk membuat acara menggunakan konsep terbaru demi menaikkan pamor jurusan atau kampus. Misalnya mengadakan konser dengan mengundang band rock and roll ternama.

Sejatinya tenaga, waktu, dan uang akan terkuras saat membuat acara angkatan seperti ini. Tapi demi mengukir kenangan indah dan tak terlupakan, kamu pasti rela berkorban. 

Diskusikan hal ini dengan teman-teman seangkatan, lalu susun konsep acara sematang mungkin untuk meminimalisir kesalahan.

Baca Juga:  Mahasiswa Baru" href="https://www.cermati.com/artikel/tips-mudah-adaptasi-di-universitas-untuk-mahasiswa-baru" target="_blank">Tips Mudah Adaptasi di Universitas untuk Mahasiswa Baru

6. Yuk, Jadi Volunteer!

Kampus sering mengadakan kegiatan-kegiatan sosial, seperti mengajar, melestarikan alam, atau menjaga warisan budaya lokal. Daripada berdiam diri di rumah, lebih baik ikuti salah satu kegiatan sosial di kampus untuk mencapai satu tujuan mulia. 

Menjadi seorang volunteer tidak seburuk yang dibayangkan, lho! Kegiatan ini sangat seru, apalagi kalau dijalani dengan tulus dan ikhlas. Bahkan banyak pelajaran berharga yang tidak didapatkan di kampus, tapi bisa didapatkan dari kegiatan volunteering ini.

7. Kerja Part Time

part time

Bosan terhadap rutinitas kampus dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda? Kamu bisa cari kerja part-time atau sampingan yang bisa dikerjakan di sela-sela kuliah nanti, misalnya menjadi seorang barista di kafe atau freelancer. Lumayan kan untuk memperluas networking, menambah pengalaman dan uang jajan, sehingga tidak perlu meminta-minta lagi dari orang tua.

Pilihlah pekerjaan part-time yang waktunya fleksibel agar tidak mengganggu kuliah. Apapun ceritanya, kuliahmu harus tetap nomor satu apalagi kalau ingin lulus tepat waktu.

8. Ikuti Sejumlah Kompetisi

Belajar, organisasi, ikuti kegiatan sosial dan part-time sudah, sekarang saatnya untuk bersaing dengan pelajar yang lain. Ya, silakan ikuti sejumlah kompetisi, baik yang bertaraf nasional maupun internasional untuk menunjukkan kemampuanmu pada bidang yang sudah dipelajari.

Mengingat kompetisi di luar sana sangat banyak, luangkan waktu untuk mencari satu yang paling sesuai dengan bidangmu. Tidak mesti menang, karena partisipasimu saja sudah lebih dari cukup untuk menambah pengalaman sekaligus memacu semangatmu untuk semakin rajin belajar. 

Buat Setiap Detiknya Berharga

Dengan tips di atas, setidaknya kehidupan selama kuliah nanti tidak membosankan seperti yang dibayangkan. Yang pasti, buat setiap detiknya berharga agar masa kuliah bisa dikenang di sepanjang hidupmu nanti.

Baca Juga: Cara agar Diterima Kuliah di PTN

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile