Selasa 03 May 2022 01:16 WIB

Rekomendasi 8 Jus Sayuran untuk Kesehatan

Jus sayuran dan buah muncul sebagai makanan yang sedang tren.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Jus wortel. Jus sayuran dan buah muncul sebagai makanan yang sedang tren. Salah satunya jus wortel yang bermanfaat untuk antioksidan.
Foto: flickr
Jus wortel. Jus sayuran dan buah muncul sebagai makanan yang sedang tren. Salah satunya jus wortel yang bermanfaat untuk antioksidan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jus sayuran dan buah muncul sebagai makanan yang sedang tren.  Dari jus hijau hingga jus seledri, popularitas jus lebih dari sekadar iseng-iseng.  

Dilansir dari ecowatch pada Jumat (15/4/2022), terdapat delapan jus sayuran terbaik untuk kesehatan. Berikut delapan jus sayuran terbaik yaitu :

Baca Juga

Wortel

Wortel memiliki jumlah kalori yang rendah dan manis secara alami.  Wortel juga kaya nutrisi seperti biotin, potasium dan vitamin A. Wortel dikenal karena kandungan karotenoidnya yang tinggi meliputi alfa-karoten, beta-karoten, likopen dan lutein.

Senyawa tersebut bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh untuk mengurangi stres oksidatif, menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, penyakit mata dan kanker tertentu.

Bit

Bit biasanya berwarna merah marun, tetapi Anda juga dapat menemukannya dalam warna putih, kuning atau bahkan pelangi. Bit kaya akan nutrisi seperti mangan dan folat.  Bit juga kaya nitrat, yang dapat meningkatkan kesehatan otak, kinerja atletik dan tekanan darah.

Para peneliti melaporkan di Nutrients bahwa suplemen bit dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular pada orang dewasa yang lebih tua. Akar tunggang bukan satu-satunya bagian dari tanaman bit yang bisa Anda jus.  Sayuran hijau, umumnya dikenal sebagai sayuran bit, juga mengandung banyak nutrisi bermanfaat dan dapat dibuat jus.

Tomat

Tomat adalah makanan pokok dapur yang penting, terutama untuk membuat saus dan sup yang lezat. Lycopene adalah antioksidan yang ditemukan dalam tomat dan telah dikaitkan dengan penurunan risiko stroke, serangan jantung, diabetes tipe 2 dan jenis kanker tertentu, menurut Harvard Health.  Faktanya, minum jus tomat dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme Anda.

Kale

Kale atau kubis keriting memiliki rendah kalori tapi besar nutrisinya, mengandung vitamin A, B6, C dan K, kalsium dan potasium.  Sayuran silangan, ini juga merupakan sumber mineral tembaga dan mangan yang baik.

Kale mentah mengandung beta-karoten antioksidan penting, yang menetralkan radikal bebas yang meningkatkan kemungkinan kondisi kronis seperti penyakit jantung.

Kubis

Kubis tidak hanya bergizi karena kandungan airnya'tetapi juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti vitamin B6, vitamin C, vitamin K, folat dan mangan. Kubis juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko peradangan, penyakit jantung dan diabetes.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement