Dishub Kulon Progo Imbau Wisatawan Waspadai Tanjakan Bibis Girimulyo

Red: Nidia Zuraya

Akses jalan raya kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedhut, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (2/12). Air Terjun Kedung Pedhut menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Konsep wisata alam dan masih belum terlalu ramai menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi.
Akses jalan raya kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedhut, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta, Kamis (2/12). Air Terjun Kedung Pedhut menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Kawasan Perbukitan Menoreh, Kulon Progo. Konsep wisata alam dan masih belum terlalu ramai menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, KULON PROGO -- Dinas Perhubungan Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau wisatawan yang berwisata di kawasan Bukit Menoreh mewaspadai tanjakan Bibis Girimulyodan tanjakan jalan menuju Kebun Teh Nglinggo dan Tritis yang rawan kecelakaan lalu lintas.Kepala Dinas Perhubungan Kulon Progo Lucius Bowo Pristyanto di Kulon Progo, Rabu (27/4/2022), mengatakan kawasan utara menuju objek wisata yang perlu diwaspadai pengendara, yakni tanjakan Bibis dan Girimulyo yang kondisi jalan bagus, tetapi terjal.

"Bagi pengemudi dari luar daerah biasanya terjebak di tanjakan Bibis. Tanjakan tersebut rawan terjadi kecelakaan lalu lintas sehingga wisatawan perlu hati-hati," kata Bowo.

Jalur wisata lain yang perlu diwaspadai wisatawan, yakni jalan objek wisata Menoreh Barat, seperti Waduk Sermo, Kalibiru, Pule Payung, dan Gunung Gajah. Kemudian dari Menoreh Utara, kondisi jalan yang perlu diwaspadai, yakni jalan menuju objek wisata Kebun Teh Nglinggo dan Tritis. 

Sebenarnya, kondisi jalan relatif baik, tapi posisi tanjakan terjal sehingga perlu diwaspadai.Selain itu, jalan ke timur menuju Jalan Godean yang jika lurus akan tembus Kota Yogyakarta. 

Jalur ini menjadi jalur utama menuju sejumlah objek wisata Kodang, seperti Gua Kiskendo dan wahana air alami, antara lain Taman Air Sungai Mudal dan Kedung Pedut. Selanjutnya kawasan menuju Kebun Teh Nglinggo dan sekitarnya di Samigaluh. 

Bowo menyebutkan bahwa jalur itu memiliki tingkat kemiringan cukup ekstrem serta banyak kelokan tajam. Bagi pengendara yang baru pertama kali lewat kawasan itu, jika tidak hati-hati berpotensi terjadi kecelakaan.

"Kawasan menuju Kebun Teh Nglinggo dan sekitarnya harus diwaspadai. Sekali lagi untuk kondisi jalan relatif bagus, tapi karena terletak di perbukitan jalannya begitu naik dengan kecuraman cukup tajam. Jalannya berkelok. Biasanya kawan-kawan luar daerah yang baru pertama lewat sana akan kaget," katanya.

Sebelumnya, Bowomengatakan pihaknya bersama jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Kulon Progo telah memetakan jalur yang berpotensi terjadi kecelakaan. Berdasarkan pemetaan, ada 11 titik rawan kecelakaan sepanjang Temon-Yogyakarta karena jalan lurus, berlubang hingga tikungan.

Adapun 11 titik rawan kecelakaan, yakni Simpang Sindutan, Depan Pasar Temon, Karangwuni, Toyan, Dalangan, Tembak, Durungan, Milir, Kalimenur, Dudukan, dan Bantar."Itu jadi atensi nasional karena sudah 'treatment' berkali-kali serta dipasang berbagai macam rambu dan perangkat keselamatan jalan, tetapi tetap saja terjadi kecelakaan," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Terkait


Jadwal Operasional Bank BCA Selama Libur Lebaran 2022

Pemesanan Hotel di Kawasan Puncak-Cianjur Meningkat Menjelang Lebaran

Investor Disarankan Perhatikan Portofolio Saham Jelang Libur Lebaran

Sistem Ganjil Genap akan Berlaku di Kawasan Wisata Banten Saat Libur Lebaran

Objek Wisata Kulon Progo Siap Sambut Wisatawan Saat Lebaran

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark