Kamis 28 Apr 2022 19:41 WIB

Sejumlah Obat yang Dikonsumsi Ternyata Sebabkan Mimpi Buruk, Ini Daftarnya

Bahan kimia yang terkandung di dalam obat bisa menyebabkan mimpi buruk.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Bahan kimia yang terkandung di dalam obat bisa menyebabkan mimpi buruk.
Foto: PxHere
Bahan kimia yang terkandung di dalam obat bisa menyebabkan mimpi buruk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bahan kimia ternyata bisa menyebabakan mimpi buruk. Tak terkecuali saat menggunakan salah satu dari beberapa jenis obat umum ini, ternyata bisa menjadi mimpi buruk.

 

Baca Juga

1. Beta blocker

Beta blocker adalah bentuk obat antihipertensi yang biasa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Namun, mereka juga dapat menyebabkan gangguan pada bagaimana otak merespon neurotransmitter norepinefrin, yang berarti mereka dapat menyebabkan mimpi buruk sebagai efek samping. Good Rx mencatat bahwa beta blocker adalah kelompok obat yang paling banyak dikeluhkan terkait gangguan mimpi.

Namun, tidak semua beta blocker memiliki kemungkinan yang sama dalam menyebabkan gangguan tidur. Beta blocker lipofilik, seperti metoprolol dan propranolol lebih terkait erat dengan mimpi buruk dibandingkan dengan obat atenolol, menurut penelitian

 

2. Antidepresan

Kelas antidepresan yang dikenal sebagai inhibitor reuptake serotonin selektif (SSRI) juga diketahui secara luas menyebabkan mimpi buruk. 

"Hampir semua AD (antidepresan) memperpanjang latensi tidur REM dan mengurangi jumlah tidur REM," ujar sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Sleep Medicine Review seperti dilansir dari laman Best Life Online, Kamis (28/4/2022).

Laporan kasus dan data penelitian menunjukkan efek yang kuat dari iklan pada ingatan mimpi dan konten mimpi.

Secara khusus, paroxetine (dijual secara komersial sebagai Paxil) telah terbukti menyebabkan gangguan tidur dan mimpi. Namun, beberapa SSRI lain termasuk sertraline (Zoloft) dan fluoxetine (Prozac) juga telah terbukti memiliki efek.

Para ahli memperingatkan penarikan dari antidepresan SSRI mungkin lebih langsung terkait dengan mimpi buruk daripada rejimen SSRI terus menerus. Untuk alasan ini, Anda tidak boleh mencoba mengubah dosis Anda tanpa berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu.

 

3. Statin

Sering digunakan untuk menurunkan kolesterol, statin adalah obat umum lainnya yang telah dikaitkan dengan gangguan mimpi. "Meskipun tampaknya mimpi buruk adalah efek samping statin sesekali, ini relevan untuk pasien dan harus diakui oleh dokter yang merawat karena mudah dikoreksi dengan menghentikan statin," ujar sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ).

Menurut Good Rx, mimpi buruk paling sering dilaporkan pada pasien yang menggunakan obat simvastatin (Zocor), pravastatin (Pravachol), dan atorvastatin (Lipitor).

 

4. Steroid

Steroid digunakan untuk mengobati berbagai kondisi. "Mereka biasa digunakan di unit perawatan intensif dan mempengaruhi hampir setiap populasi yang sakit kritis," menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Federal Practitioner (FP).

Pada populasi umum, steroid sering digunakan untuk mengobati asma dan PPOK, rheumatoid arthritis, gangguan autoimun, alergi, gangguan radang usus (IBD), dan banyak lagi. Studi FP mengusulkan steroid dapat memicu mimpi buruk dalam tiga cara berbeda tetapi saling terkait dengan mengubah siklus tidur dan bangun Anda. 

Menempatkan otak Anda dalam keadaan hiper-gairah, dan mengaktifkan sistem saraf simpatik dan adrenal hipotalamus hipofisis HPA axis, bagian dari otak yang memediasi sistem respons stres otak Anda. Menurut Good Rx, dua steroid yang paling sering diresepkan yang dapat menyebabkan mimpi aneh adalah prednison dan methylprednison (Medrol).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement