Kemenag: Silakan Mudik Tapi Tetap Jaga Prokes

Red: Andi Nur Aminah

Kamis 28 Apr 2022 21:12 WIB

Kendaraan pemudik melewati dua lajur saat diberlakukan rekayasa lalu lintas jalur satu arah (one way) di KM 102 ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022).  Rekayasa jalur satu arah (one way) dari jalan tol dari KM 47 sampai dengan gerbang tol Kalikangkung telah resmi diberlakukan Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB. Kebijakan itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Trans Jawa.Prayogi/Republika Foto: Prayogi/Republika. Kendaraan pemudik melewati dua lajur saat diberlakukan rekayasa lalu lintas jalur satu arah (one way) di KM 102 ruas tol Cikopo-Palimanan, Subang, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). Rekayasa jalur satu arah (one way) dari jalan tol dari KM 47 sampai dengan gerbang tol Kalikangkung telah resmi diberlakukan Kamis (28/4/2022) pukul 17.00 WIB. Kebijakan itu dilakukan untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas yang terjadi di Jalan Tol Trans Jawa.Prayogi/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama mengingatkan masyarakat yang akan mudik Lebaran 2022 untuk tetap menjaga protokol kesehatan guna meminimalisasi potensi penularan Covid-19. "Silakan mudik tapi tetap menerapkan prokes dan utamanya booster (vaksinasi penguat) karena melindungi diri kita sendiri," ujar Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi di Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Ia mengatakan mudik merupakan tradisi yang baik dan sakral bagi masyarakat Indonesia karena di dalamnya ada silaturahim. Selain itu, terjadi perputaran ekonomi dari pusat ke daerah. Dengan demikian, kata dia, mudik juga bisa mengangkat perekonomian di daerah yang juga terkena imbas pandemi Covid-19. 

Baca Juga

Terlebih, dalam dua tahun terakhir pemerintah membatasi kegiatan mudik karena saat itu angka penularan tinggi. "Mudik kali ini tidak ada lagi pembatasan-pembatasan, tidak ada lagi jalur penyekatan-penyekatan sudah tidak ada. Mudik ini sebuah tradisi yang sudah mengakar, karena di situ ada silaturahmi, ada juga perputaran ekonomi dari pusat ke daerah, sangat positif," kata dia.

Selain itu, kata dia, pelonggaran mudik kali ini ibarat kado dari Presiden Joko Widodo karena masyarakat sudah mengikuti anjuran vaksinasi, khususnya penguat. Vaksinasi penguat akan memberikan perlindungan lebih dari bahaya Covid-19.

"Inilah yang kemudian oleh Bapak Presiden diberikan apresiasi kepada masyarakat Indonesia yang bisa mengikuti anjuran. Menerapkan prokes, utamanya melengkapi vaksin, baik itu kedua maupun booster," kata dia.

Berdasarkan hasil survei Balitbanghub 85,5 juta orang diprediksi melakukan perjalanan di masa mudik Lebaran 2022, sekitar 47 persen di antaranya akan menggunakan jalur darat, baik kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) maupun bus. Diperkirakan, pemudik yang berangkat dari Jabodetabek sekitar 14,3 juta orang dan jumlah pemudik meningkat sekitar 45 persen dibandingkan dengan pada 2019, sebelum pandemi.

 

Terpopuler