Rabu 04 May 2022 08:04 WIB

Benzema Melaju Kencang di Jalur Ballon d’Or

Benzema tampil tajam di La Liga Spanyol dan Liga Champions.

Rep: dip purwadi/ Red: Partner
.
.

Striker Real Madrid, Karim Benzema, difavoritkan bakal memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2022. (Twitter/@realmadrid)
Striker Real Madrid, Karim Benzema, difavoritkan bakal memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2022. (Twitter/@realmadrid)

KARTUMERAH – Karim Benzema akan kembali menjadi andalan Real Madrid dalam menjamu Manchester City di leg kedua babak semifinal Liga Champions di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, pada Kamis (5/5/2022) dinihari WIB. Benzema musim ini tampil tajam dan difavoritkan bakal memenangkan penghargaan Ballon d’Or 2022.

‘’Pemain asal Prancis ini difavoritkan akan memenangkan Ballon d’Or berdasarkan sejumlah pencapaiannya di Spanyol dan Eropa,’’ sebut laporan Marca.

Pekan lalu, Benzema bersama Real Madrid baru saja mengunci gelar juara La Liga 2021/2022 usai menghancurkan Espanyol 4-0. Striker Muslim asal Prancis ini menyumbang satu gol dan satu asissts dalam laga di Santiago Bernabeu tersebut.

Benzema pun kokoh di puncak daftar topskorer dengan torehan 26 gol. Dan, Benzema memimpin daftar top asissts bersama winger Ousmane Dembele (Barcelona) dengan 11 asissts.

Pecahkan Rekor

Benzema sejauh ini tidak hanya memimpin daftar topskorer dan top asissts La Liga. Pada musim ini, mantan striker Olympique Lyon ini juga telah mencetak 42 gol dalam 42 pertandingan di berbagai kompetisi.

Benzema mencetak 26 gol di pentas La Liga Spanyol, 14 gol di kancah Liga Champions serta dua gol Piala Supercoppa Spanyol. ‘’Benzema menjadi pemain kelima Real Madrid yang mampu menorehkan 42 gol dalam semusim, setelah Cristiano Ronaldo, Ferenc Puskas, Alfredo Di Stefano and Hugo Sanchez,’’ sebut Marca.

Sejak didatangkan dari Lyon dengan nilai transfer 35 juta euro pada 2009, Benzema telah memperkuat Real Madrid sebanyak 600 pertandingan. Ia menyamai rekor legenda Paco Gento dalam jumlah pertandingan bersama Los Merengues.

Benzema kini sudah mengoleksi 321 gol dalam 600 kali memperkuat Real Madrid di berbagai kompetisi. Ia sedikit lagi menyamai topskorer kedua sepanjang sejarah Real Madrid, Raul Gonzales, yang melesakkan 323 gol.

Liga Champions

Benzema tidak hanya bersinar di kancah domestik La Liga Spanyol, tapi juga pentas Liga Champions. Ia baru saja mengambil alih puncak daftar topskorer dari genggaman Robert Lewandowski (Bayern Muenchen).

Benzema kini memimpin peringkat topskorer Liga Champions dengan torehan 14 gol. Dua pesaing terdekatnya, Lewandowski (13 gol) dan Sebastien Haller (Ajax Amsterdam, 11 gol), tidak mungkin lagi bisa mengejar karena timnya sudah tersingkir.

Satu-satunya pesaing yakni Mohamed Salah yang baru saja membawa Liverpool lolos ke final usai menyingkirkan Villarreal dengan agregat 5-2. Tapi, Salah tampaknya sulit menggeser Benzema karena terpaut 6 gol.

Selain kancah Liga Champions, Benzema juga sukses membawa Timnas Prancis menjuarai UEFA Nations League musim ini. Di partai final, Prancis mengalahkan Spanyol 2-1 dan Benzema menyumbang satu gol.

Melaju Sendirian

Benzema selama ini tidak pernah menembus posisi tiga besar Ballon d’Or. Pada musim lalu, striker berusia 34 tahun ini berada di posisi keempat dengan 239 poin.

Benzema terpaut jauh 374 poin dari Lionel Messi yang menyabet penghargaan Ballon d’Or musim lalu. Lewandowski dan Jorginho (Chelsea) menempati posisi kedua dan ketiga.

Namun, penghargaan Ballon d’Or musim ini sepertinya menjadi milik Karim Benzema. L'Equipe, sebut Marca, memprediksi Benzema melaju sendirian dalam perebutan penghargaan Ballon d’Or. Harian olahraga Prancis L'Equipe bersama majalah France Football yang menggawangi acara penghargaan ini.

Dengan prestasinya musim ini, Benzema memang sepertinya melaju sendirian dalam perebutan penghargaan Ballon d’Or pada Juli mendatang. Meski Kevin De Bruyne, Kylian Mbappe, Mohamed Salah dan Lewandowski masih tetap berpotensi menyainginya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement