Selasa 24 May 2022 11:35 WIB

TikTok Memungkinkan Pembuat Konten Tagih Biaya Langganan

TikTok berupaya memonetisasi konten dengan fitur Live Subcribtion.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)
Foto: Pixabay
(Foto: ilustrasi aplikasi TikTok)

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANCISCO -- TikTok pada Senin (23/5/2022) mengatakan akan mulai membiarkan beberapa akun populer di video-snippet streaming star menagih langganan untuk streaming langsung. Alat penghasil uang serupa telah ditambahkan ke saingan seperti Instagram dan Facebook karena platform media sosial bersaing untuk menarik penonton.

“LIVE Subscription adalah perpanjangan dari upaya kami untuk membangun peluang monetisasi kreator yang beragam yang sesuai dengan berbagai kebutuhan kreator,” kata TikTok dalam sebuah posting blog, dilansir dari Malay Mail, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga

TikTik mengatakan fitur berlangganan yang diperkenalkan pekan ini hanya akan tersedia untuk pembuat konten melalui undangan untuk saat ini. Namun, fitur ini akan diperluas secara global dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan tidak mengungkapkan harga.

Pembuat konten akan dapat beralih ke mode obrolan eksklusif untuk pelanggan,. Gunanya untuk meningkatkan koneksi yang lebih pribadi antara pembuat dan pemirsa.

Untuk mengakses fitur LIVE Subscription, pembuat konten harus berusia minimal 18 tahun. Pengguna setidaknya harus berusia sama untuk berlangganan, kata TikTok dalam postingan tersebut.

Tunjangan pelanggan akan mencakup lencana digital dan, dalam beberapa kasus, kemampuan untuk mengontrol sudut kamera selama sesi streaming, menurut posting klip video oleh pembuat TikTok yang diundang untuk ambil bagian.

TikTok awal bulan ini mengumumkan program bagi hasil iklan dengan pencipta platform media sosial yang paling menonjol, bergerak lebih dekat ke model yang sudah digunakan oleh para pesaingnya.

Aplikasi format video pendek telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Namun, TikTok dikritik karena tidak menyediakan cara bagi pembuat konten untuk memonetisasi konten secara efektif.

Di bawah program TikTok Pulse yang akan diluncurkan di Amerika Serikat (AS) bulan depan, perusahaan dapat menempatkan iklan mereka di sebelah konten pengguna dalam kategori tertentu dan pembuat konten akan mendapatkan potongan.

“Kami akan mulai menjajaki program bagi hasil iklan pertama kami dengan pembuat konten, tokoh masyarakat, dan penerbit media,” kata perusahaan, anak perusahaan dari perusahaan teknologi China ByteDance, dalam sebuah pernyataan.

Jejaring sosial besar lainnya yang berfokus pada video, seperti YouTube, Instagram, dan Snapchat, telah menerapkan sistem bagi hasil.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement