BSI Jateng Mencatat Penyaluran KUR Capai Rp 1,7 Triliun

Red: Muhammad Fakhruddin

BSI Jateng Mencatat Penyaluran KUR Capai Rp 1,7 Triliun (ilustrasi).
BSI Jateng Mencatat Penyaluran KUR Capai Rp 1,7 Triliun (ilustrasi). | Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA

REPUBLIKA.CO.ID,KUDUS -- Bank Syariah Indonesia (BSI) Regional VIII Semarang mencatatkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) hingga Maret 2022 mencapai Rp1,7 triliun atau mengalami pertumbuhan dibandingkan penyaluran tahun 2021.

"Pada tahun lalu, kami mencatat penyaluran KUR selama setahun hanya Rp1,4 triliun sehingga hingga Maret 2022 ada peningkatan sebesar Rp300 miliar," kata Regional CEO PT Bank Syariah Indonesia Regional VII Semarang Imam Hidayat Sunarto di Kudus, Kamis (2/6/2022).

Tingkat penyaluran KUR di masing-masing kantor BSI yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota, kata dia, cukup merata.Di antaranya, di Kabupaten Kudus, Pati, Purwodadi, Pekalongan, Sragen, Wonogiri, Purbalingga, Pemalang, hingga Purwokerto.

BSI memastikan penyaluran KUR tahun ini akan terus meningkat, seiring kondisi perekonomian masyarakat yang mulai bangkit setelah sebelumnya terdampak pandemi COVID-19.

Baca Juga

Sementara itu, Branch Manager Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Kudus A Yani 2 Hadi Suseno mengungkapkan hingga akhir bulan Mei 2022 penyaluran KUR untuk BSI Cabang Kudus A. Yani 2 mencapai Rp5,6 miliar.

Berdasarkan skema penyaluran, meliputi KUR super mikro dengan plafon pinjaman maksimal Rp10 juta, kemudian KUR mikro dengan plafon maksimal Rp100 juta dan KUR kecil plafon maksimal Rp500 juta.

Dari beberapa skema penyaluran tersebut, yang terbesar adalah skema mikro mencapai 60-an persen dari total penyaluran KUR hingga akhir Mei 2022. Sedangkan untuk KUR super mikro saat ini masih nihil.

Terkait dengan tingkat rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL), kata dia, untuk saat ini masih nihil. Bagi masyarakat yang hendak mengajukan pinjaman KUR, ada yang tanpa agunan seperti KUR super mikro maupun KUR mikro, sedangkan KUR kecil menggunakan agunan.

 

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Terkait


Bank Syariah Indonesia Diharapkan Buka Cabang di Gorontalo

Guru Besar Ekonomi Pertanian: KUR Penting Kurangi Beban Petani Saat Awal Masa Tanam

Menteri BUMN Erick Thohir Dukung Peningkatan Agen BRILink

BSI dan Ayoconnect Jajaki Kerja Sama Open Banking

Menabung Pahala Kebaikan, BSI Kumpulkan Ziswaf Rp 1,06 Miliar

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark