Jumat 24 Jun 2022 09:30 WIB

Pupuk Indonesia Mendukung Reaktivasi Kereta Api Jalur Sawahlunto-Muaro Kalaban

Reaktivasi jalur kereta api dalam rangka kembali menggulirkan perekonomian di Sumbar

Red: Gita Amanda
PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung reaktivasi kereta api lintas Sawahlunto-Muarokalaban, Sumatera Barat.
Foto: Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung reaktivasi kereta api lintas Sawahlunto-Muarokalaban, Sumatera Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung reaktivasi kereta api lintas Sawahlunto-Muarokalaban, Sumatera Barat. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri BUMN Erick Thohir dalam rangka menggerakkan perekonomian melalui penyediaan infrastruktur yang memadai.

Wakil Direktur Utama Pupuk Indonesia, Nugroho Christijanto, mengatakan pihaknya merasa bangga karena bisa memberikan dukungan reaktivasi kereta api lintas Sawahlunto-Muarokalaban. Karena reaktivasi ini dilakukan dengan berkolaborasi bersama tiga perusahaan BUMN, yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Baca Juga

 

“Apa yang akan dilakukan ini dalam rangka kembali menggulirkan perekonomian di Sumatera Barat pada umumnya, dan secara lebih khusus di kawasan Sawahlunto dan Muarokalaban,” demikian ungkap Nugroho.

 

photo
PT Pupuk Indonesia (Persero) mendukung reaktivasi kereta api lintas Sawahlunto-Muarokalaban, Sumatera Barat. - (Pupuk Indonesia)

Dukungan Pupuk Indonesia ini dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilakukan pada hari Kamis 23 Juni 2022 di Hotel Borobudur Jakarta. Keempat BUMN ini akan mewujudkan pengoperasian kembali jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muarokalaban di Sumatera Barat. Jalur dengan panjang empat kilometer (km) tersebut nantinya akan melayani Kereta Wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau yang lebih dikenal dengan nama “Mak Itam”.

 

Lebih lanjut Nugroho mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muoro Kalaban, Sumatera Barat. Pasalnya, selain mendukung sektor pariwisata dan perekonomian setempat, Sumatera Barat sendiri merupakan wilayah kerja Pupuk Indonesia, karena merupakan salah satu sentra pertanian di Pulau Sumatera.

 

“Tentunya kami berharap bahwa dengan kerjasama yang sudah terjalin baik dapat terus kita laksanakan dan yang paling penting apa yang diharapkan dari kerja sama ini benar-benar dapat kita wujudkan bersama,” jelas Nugroho, seperti dalam siaran persnya.

 

Tidak hanya itu, Nugroho menyatakan sebagai perusahaan BUMN sudah seharusnya Pupuk Indonesia memberikan nilai tambah kepada masyarakat banyak, bukan hanya mencari laba semata. Pihaknya berharap agar proyek reaktivasi ini dapat berjalan dengan baik, dan kehadiran kereta api Mak Itam yang legendaris, dapat segera kembali dirasakan oleh masyarakat.

 

Pengoperasian kembali jalur dan kereta api wisata lintas Sawahlunto-Muarokalaban merupakan dorongan dari Kementerian BUMN sebagai salah satu upaya BUMN untuk mendukung percepatan pemulihan perekonomian Sumatera Barat di sektor pariwisata. Pengoperasian jalur ini juga merupakan program dari Pemerintah Kota Sawahlunto guna mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO sejak 6 Juli 2019.

Sementara itu, Sekretaris Kementerian BUMN, Susyanto, menyebutkan bahwa BUMN pada dasarnya memiliki dua peran, pertama menciptakan nilai (creating value) dan kedua adalah agen pengembangan (agent of development), dimana kerja sama ini merupakan bentuk peran BUMN sebagai agent of development. Selain itu, Susyanto juga menyebutkan kerja sama ini merupakan aktualisasi dari salah satu core value BUMN, yaitu kolaboratif.

“Kami juga berharap setelah ini selesai dapat diperluas ke daerah-daerah yang terdapat nilai-nilai yang baik, seperti kerajinan, dan sebagainya,” ujar Susyanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement