Ini Lima Kampus Muhammadiyah dengan Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Logo Muhammadiyah.
Logo Muhammadiyah. | Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Bingung mau melanjutkan kuliah di mana? Atau sedang mempertimbangkan ikut seleksi mandiri di kampus tujuan? Ada sejumlah Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) yang membuka jalur mandiri pakai nilai UTBK sebagai metode seleksinya. Tak perlu ribet ikut ujian lagi, kamu cukup menggunakan nilai UTBK tersebut. Ingin tahu?

PTM yang membuka seleksi jalur menggunakan nilai UTBK antara lain adalah Universitas Muammadiyah Malang (UMM), Universitas Muhammadiay Purwokerto (UMP), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Ahmad Dahlan (UAD), dan Universitas Muhammadiyah Surabaya.

1. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Tes UTBK pada 21 – 23 Juli 2022 di Kampus III UMM. Untuk tes UTBK yang dilaksanakan di UMM, peserta tidak diwajibkan sudah mendapatkan vaksinasi dosis 1, 3, atau 3, dan membawa surat keterangan sehat atau hasil Rapid Test dan sejenisnya. Karena, nanti akan ada pengecekan kesehatan (cek suhu tubuh) sebelum memasuki ruang ujian.

2. Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP)

UMP masih membuka kesempatan bagi calon mahasiswa dengan menyelenggarakan jalur nilai UTBK untuk menerima mahasiswa dengan 49 program sarjana dan diploma pada 2022. Dijelaskan dalam web ump.ac.id, UMP memiliki lebih dari 45 program studi dan 12 fakultas serta lima program profesi dan penyelenggara Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Bagi yang berminat dan berniat kuliah di UMP bisa datang langsung ke Kampus I, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kembaran, Banyumas, atau mengunjungi web www.pmb.ump.ac.id atau www.online.pmb.ump.ac.id untuk membuat akun pendaftaran terlebih dahulu, kemudian untuk WhatsApp Center di nomor 0811291126. Untuk pendaftaran langsung di UMP juga dilayani di kantor Penerimaan Mahasiswa Baru buka setiap hari dari Senin-Ahad mulai pukul 07.00-16.00.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Penerimaan jalur UTBK ditujukan bagi siswa siswi SMA/SMK/MA, atau sederajat yang telah mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Perguruan Tinggi Negeri. Jalur ini diperuntukkan bagi peserta UTBK PTN tahun 2020, 2021 dan 2022 dengan biaya Rp 255 ribu.

4. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

Yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan proses seleksi menggunakan nilai UTBK yang diperoleh dari LTMPT. Jalur seleksi PSB hanya berlaku untuk program studi/jurusan farmasi dan psikologi.

Adapun syarat umum dan file berkas Pendaftaran PSB UTBK UAD yakni siswa kelas XII yang akan lulus pada 2022 atau lulusan 2020, 2021, 2022, Pasfoto berwarna terbaru berpakaian formal, Kartu Keluarga, sertifikat nilai UTBK asli tahun 2022, rapor semester 3 (kelas XI semster 1), ijazah atau SKL yang memuat nilai mata pelajaran, dan tidak buta warna

5. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Pendaftaran khusus jalur UTBK bagi prodi kedokteran dibuka hingga 30 Juni dan diumumkan pada 1 Juli mendatang. Namun, pendaftaran sewaktu-waktu bisa ditutup apabila kuota calon mahasiswa sudah terpenuhi.

Terkait


SBMPTMu, Solusi Masuk Perguruan Tinggi dengan Mudah

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah-'Aisyiyah Kembali Dibuka

IPB University Terima  2.041 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN

Tiga PTM Masuk 23 Universitas Terbaik Asia

Penerimaan Mahasiswa UI, SNMPTN 20 Persen, SBMPTN 30 Persen, Jalur Mandiri 50 Persen

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark