Jumat 01 Jul 2022 03:30 WIB

Pariwisata Luar Angkasa Berpotensi Menghancurkan Planet

Pariwisata luar angkasa berpotensi memperburuk krisis iklim.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
William Shatner, aktor pemeran Captain Kirk dalam serial Star Trek, disambut pendiri Blue Origin, Jeff Bezos, dan timnya setelah mendarat kembali di Bumi usai penerbangan 30 menit ke luar angkasa, Rabu (13/10) waktu setempat.
Foto: EPA
William Shatner, aktor pemeran Captain Kirk dalam serial Star Trek, disambut pendiri Blue Origin, Jeff Bezos, dan timnya setelah mendarat kembali di Bumi usai penerbangan 30 menit ke luar angkasa, Rabu (13/10) waktu setempat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa orang mulai dari aktor William Shatner hingga mantan pemain sepak bola Michael Strahan telah mengalami perjalanan yang menyenangkan ke luar angkasa. Manusia kini bisa pergi ke luar angkasa tanpa harus menjadi astronaut sejak miliarder seperti Jeff Bezos dan Elon Musk memperkenalkan perjalanan ruang angkasa pribadi untuk elit dunia.

Meskipun hanya tersedia untuk orang kaya dan terkenal di Bumi, sepertinya mimpi fiksi ilmiah menjadi kenyataan. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa fantasi khusus ini dapat meningkatkan mimpi buruk perubahan iklim yang sedang berlangsung di planet ini. 

Baca Juga

"Sangat penting bagi kita untuk memahami risiko saat ini dan masa depan terhadap atmosfer Bumi yang ditimbulkan oleh polusi dari peluncuran roket dan pemanasan masuk kembali bagian roket yang dapat digunakan kembali dan dibuang serta puing-puing bersejarah," menurut para ilmuwan, dalam sebuah makalah, dilansir dari Salon

Mereka menunjukkan bahwa roket pada dasarnya berbeda dari bentuk polusi udara buatan manusia lainnya karena secara langsung mengeluarkan zat gas dan padat ke atmosfer atas bumi.

Kabar baiknya adalah bahwa pengaruh saat ini pada atmosfer kita telah diabaikan karena para penguasa luar angkasa belum dapat mengatur banyak peluncuran pribadi. Berita buruknya adalah ketika lebih banyak peluncuran terjadi, maka iklim mungkin akan semakin buruk. 

"Hasil kami menunjukkan bahwa sementara dampak iklim dari industri luar angkasa kontemporer kecil, karena jumlah peluncuran yang kecil, dampaknya mungkin signifikan jika tingkat peluncuran meningkat," kata Robert Ryan, penulis utama makalah tersebut. 

"Dampak iklim dari peluncuran roket terutama disebabkan jelaga yang dilepaskan di ketinggian, di mana kemampuannya menahan panas di atmosfer hingga 500 kali lebih besar daripada sumber jelaga lainnya," jelasnya.

Sebenarnya tidak ada alternatif yang cukup ramah lingkungan untuk teknik pengiriman manusia ke luar angkasa saat ini. Pada akhirnya, orang kaya hanya perlu berhenti melakukan perjalanan sia-sia ke luar angkasa untuk melestarikan planet ini dari tujuan mulia elit global.

"Tidak ada cara yang benar-benar aman bagi iklim untuk melanjutkan pariwisata ruang angkasa karena bahkan roket yang membakar hidrogen cair, yang tidak menghasilkan jelaga, menghasilkan emisi nitrogen oksida," kata Ryan. 

"Peluncuran wisata luar angkasa tidak diperlukan dan harus diminimalkan dan diatur."

Dia kemudian menambahkan penelitian menghitung dampak peluncuran pariwisata ruang angkasa di masa depan, jika industri mencapai tingkat peluncuran yang signifikan (harian atau mingguan). Dampak dalam skenario seperti itu adalah menghangatkan stratosfer dengan potensi konsekuensi iklim yang merugikan yang berkelanjutan.

Tidak hanya ilmuwan dan pemerhati lingkungan yang ngeri dengan munculnya fenomena individu kaya yang memasuki ruang angkasa. Administrasi Penerbangan Federal (FAA) tampaknya mendefinisikan kembali istilah "astronot" tahun lalu sebagai tanggapan terhadap Bezos yang menggunakannya untuk merujuk dirinya dan sesama penumpang ruang angkasa.

Tatanan kebijakan baru menyatakan bahwa untuk memenuhi syarat sebagai astronot, seseorang harus melakukan tugas selama misi luar angkasa yang "penting untuk keselamatan publik, atau berkontribusi pada keselamatan penerbangan antariksa manusia." 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement