Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tingkat Hunian Hotel di Kabupaten Jepara Mulai Pulih

Rabu 06 Jul 2022 19:10 WIB

Rep: ANTARA/ Red: Fuji Pratiwi

Pekerja membersihkan kamar hotel (ilustrasi). Tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai pulih kembali setelah temuan kasus pandemi Covid-19 mulai berkurang. Tamu yang menginap didominasi wisatawan lokal.

Pekerja membersihkan kamar hotel (ilustrasi). Tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai pulih kembali setelah temuan kasus pandemi Covid-19 mulai berkurang. Tamu yang menginap didominasi wisatawan lokal.

Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Tamu yang menginap didominasi wisatawan lokal.

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Tingkat hunian kamar hotel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, mulai pulih kembali setelah temuan kasus pandemi Covid-19 mulai berkurang. Tamu yang menginap didominasi wisatawan lokal.

"Sebelum masa pandemi Covid-19, hampir separuh tamu yang menginap merupakan turis asing. Sedangkan saat ini hampir 95 persennya merupakan wisatawan domestik," kata Pemilik Hotel Ocean View Resident Jepara Farah Elfi Rajun AG.

Baca Juga

Ia mencatat tamu yang menginap ada yang berasal dari Bandung, Jakarta, beberapa di luar Jawa hingga ada yang dari Papua. Tingkat hunian mulai pulih, kata dia, bisa dilihat pada akhir pekan 29 kamar yang tersedia selalu penuh. Hari biasa tingkat huniannya juga masih cukup bagus karena berkisar 70 persen lebih.

Kondisi saat ini, imbuhnya, tentu sangat berbeda jauh dengan saat pandemi karena yang menginap bisa dihitung dengan jari. "Pada akhir pekan sekalipun, tamu yang menginap minim karena terkadang hanya dua tamu," ujarnya.

Meskipun kondisinya lesu, para pegawai saat itu tetap masuk kerja meskipun dengan durasi waktu yang lebih pendek. Sedangkan sekarang semua pegawai kembali bekerja seperti semula karena selain tingkat hunian kembali pulih, demikian halnya pengunjung restoran juga pulih.

Rendahnya temuan kasus Covid-19, tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan mulai dari pengecekan suhu tubuh pengunjung, wajib memakai masker hingga menghindari kerumunan. Farah Elfi Rajun yang juga terpilih sebagai ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jepara mengakui membaiknya tingkat hunian hotel juga diakui oleh pengusaha hotel lainnya.

"Mudah-mudahan Indonesia benar-benar pulih dari pandemi, sehingga perekonomian masyarakat juga pulih kembali seperti sebelum masa pandemi," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile