Senin 15 Aug 2022 17:35 WIB

Selandia Baru Kirim 120 Pasukan ke Inggris untuk Latih Tentara Ukraina

Selandia Baru kirim 120 personel militer ke Inggris untuk latih tentara Ukraina.

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Selandia Baru mengirimkan 120 personel militer ke Inggris untuk membantu melatih tentara Ukraina di medan perang.
Foto: AP/Oleksandr Ratushniak
Pemerintah Selandia Baru mengirimkan 120 personel militer ke Inggris untuk membantu melatih tentara Ukraina di medan perang.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Pemerintah Selandia Baru mengirimkan 120 personel militer ke Inggris untuk membantu melatih tentara Ukraina di medan perang. Dua tim pelatih infanteri akan memberi tentara Ukraina pelatihan keterampilan utama agar efektif di palagan termasuk cara menggunakan senjata, memberikan pertolongan pertama, hukum operasional dan keterampilan lainnya.

Sekitar 800 tentara Ukraina akan mengikuti pelatihan di salah satu dari empat lokasi di Inggris. Dalam pernyataannya, Senin (15/8/2022) personel pertahanan Selandia Baru tidak terbang ke Ukraina.

Baca Juga

"Kami sudah dengan jelas mengatakan serangan terang-terangan ke negara berdaulat dan hilangnya banyak nyawa salah dan tidak bisa ditoleransi. Kecaman kami akan melampaui kata-kata dan termasuk bantuan penting," kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Arden dalam konferensi pers.

Ia menekankan pasukan Selandia Baru tidak dan tidak akan terlibat dalam pertempuran di Ukraina. Bulan Mei lalu 30 personel Selandia Baru melatih personel militer Ukraina mengoperasikan artileri.

Pelatihan itu bagian dari serangkaian tindakan untuk merespon invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu. Selandia Baru juga menggelontorkan bantuan finansial senilai 25,7 juta dolar AS ke Ukraina dan memberi sanksi pada 840 individu dan entitas Rusia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا جَعَلْنَآ اَصْحٰبَ النَّارِ اِلَّا مَلٰۤىِٕكَةً ۖوَّمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ اِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِيْنَ كَفَرُوْاۙ لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَيَزْدَادَ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِيْمَانًا وَّلَا يَرْتَابَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ وَالْمُؤْمِنُوْنَۙ وَلِيَقُوْلَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ وَّالْكٰفِرُوْنَ مَاذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِهٰذَا مَثَلًاۗ كَذٰلِكَ يُضِلُّ اللّٰهُ مَنْ يَّشَاۤءُ وَيَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَمَا يَعْلَمُ جُنُوْدَ رَبِّكَ اِلَّا هُوَۗ وَمَا هِيَ اِلَّا ذِكْرٰى لِلْبَشَرِ ࣖ
Dan yang Kami jadikan penjaga neraka itu hanya dari malaikat; dan Kami menentukan bilangan mereka itu hanya sebagai cobaan bagi orang-orang kafir, agar orang-orang yang diberi kitab menjadi yakin, agar orang yang beriman bertambah imannya, agar orang-orang yang diberi kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu; dan agar orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (berkata), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan (bilangan) ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang Dia kehendaki dan memberi petunjuk kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Dan tidak ada yang mengetahui bala tentara Tuhanmu kecuali Dia sendiri. Dan Saqar itu tidak lain hanyalah peringatan bagi manusia.

(QS. Al-Muddassir ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement