Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

5 Faktor Ini Tingkatkan Risiko Diabetes

Selasa 16 Aug 2022 19:43 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Gita Amanda

 Penyakit metabolik sekarang menjadi umum pada anak muda dan bahkan pada anak-anak karena gaya hidup yang semakin menetap dengan sedikit aktivitas fisik dan lebih banyak makanan berlemak. (ilustrasi)

Penyakit metabolik sekarang menjadi umum pada anak muda dan bahkan pada anak-anak karena gaya hidup yang semakin menetap dengan sedikit aktivitas fisik dan lebih banyak makanan berlemak. (ilustrasi)

Foto: Republika
Di seluruh dunia jumlah penderita diabetes meningkat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Diabetes bukan lagi penyakit orang paruh baya atau lanjut usia. Penyakit metabolik sekarang menjadi umum pada anak muda dan bahkan pada anak-anak karena gaya hidup yang semakin menetap dengan sedikit aktivitas fisik dan lebih banyak makanan berlemak.

 

Dilansir dari hindustantimes pada Selasa (16/8/2022), di seluruh dunia jumlah penderita diabetes meningkat yang juga berarti orang menjadi tidak sehat setiap harinya dan berisiko mengalami komplikasi diabetes umum.

Seperti kerusakan saraf, masalah ginjal, kerusakan mata, kerusakan kaki dan bahkan penyakit jantung. Menjaga kadar gula darah Anda dalam kontrol adalah cara terbaik untuk mengatasi penyakit selain dari obat-obatan yang hanya bisa membantu Anda sebagian.

Tidak semua orang memiliki risiko yang sama untuk terkena diabetes dan bagi sebagian orang risikonya lebih tinggi daripada yang lain karena faktor genetik, ras, usia atau bahkan etnis.

Orang yang berusia di atas 45 tahun harus mengubah gaya hidup mereka untuk menghindari penyakit, sementara mereka yang memiliki riwayat keluarga diabetes tipe 2 tetap aktif secara fisik, makan makanan sehat dan menjauhi sampah untuk menangkal risiko penyakit mematikan ini.

Berikut lima faktor ini tingkatkan risiko diabetes yaitu :

1. Gaya Hidup Tidak Aktif

Tidak aktif dan kelebihan berat badan berjalan seiring dengan diagnosis diabetes tipe 2. Seseorang dapat menurunkan resistensi insulin dengan berolahraga dan dapat menurunkan kadar gula darah.

2. Kebiasaan Makan yang Tidak Sehat

Terlalu banyak lemak dalam makanan Anda, tidak cukup serat dan terlalu banyak karbohidrat sederhana semuanya berkontribusi pada perkembangan diabetes tipe 2.

3. Riwayat Keluarga dan Genetika

Orang yang memiliki anggota keluarga dengan diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih besar untuk mengembangkannya sendiri

4. Tekanan Darah Tinggi dan Kolestrol Tinggi

Kedua faktor ini tidak hanya merusak pembuluh darah tetapi juga merupakan dua komponen kunci dalam sindrom metabolik. Memiliki sindrom metabolik meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

5. Riwayat Diabetes Gestasional

Wanita yang terkena obesitas lebih resisten terhadap insulin jika dibandingkan dengan wanita dengan berat badan normal. Saat hamil, diabetes gestasional umumnya berlangsung selama kehamilan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile