Sekolah Semesta Semarang Raih Sembilan Medali Kompetisi Astronomi Internasional

Red: Fernan Rahadi

Dzaky Rafiansyah siswa SMA Semesta berhasil meraih medali perak di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2022.
Dzaky Rafiansyah siswa SMA Semesta berhasil meraih medali perak di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2022. | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Prestasi membanggakan tingkat internasional kembali diraih oleh Semesta Bilingual Boarding School Semarang, Jawa Tengah. sejak tahun 2007 total sembilan medali (dua emas, dua perak, dan lima perunggu) berhasil dipersembahkan oleh tim olimpiade sekolah Semesta di kompetisi Astronomi Internasional (IOAA). 

IOAA merupakan acara tahunan yang digelar untuk siswa sekolah menengah atas dari seluruh dunia di bidang astronomi. Salah satu tujuannya adalah untuk membudayakan astronomi dan membina persahabatan antar astronom muda di tingkat internasional.

Prestasi internasional terbaru, Dzaky Rafiansyah siswa SMA Semesta berhasil meraih medali perak di ajang International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) 2022. IOAA 2022 diselenggarakan pada tanggal 14-22 Agustus 2022 di Kutaisi, Georgia.

Pelaksanaan IOAA tahun ini diselenggarakan secara hibrida dengan total 246 siswa dari 48 negara berpartisipasi. Terdapat enam negara yang berpartisipasi secara daring yaitu Paraguay, Ekuador, Uni Emirat Arab, Cina, Filipina, dan Indonesia.

Untuk bisa mewakili Indonesia dalam ajang internasional ini tidak mudah. Banyak rintangan yang harus dilalui agar bisa tampil maksimal di kancah internasional demi mengharumkan nama Indonesia.

Sebagai sekolah unggulan di Jawa Tengah, sekolah Semesta tidak hanya membekali siswa olimpiade dengan pelatihan akademik namun siswa diberikan juga bimbingan mental dan karakter. 

Dzaky Rafiansyah dari SMA Semesta adalah salah satu anggota tim yang lolos mewakili Indonesia. Total lima siswa yang terpillih mengikuti IOAA 2022 adalah dari ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) bidang Astronomi tahun 2021. Dzaky pada KSN 2021 meraih medali emas. 

Sekolah Semesta setiap tahun selalu membuka jalur beasiswa. Dzaky Rafiansyah  adalah salah satu contoh siswa penerima beasiswa SMA Semesta. Program beasiswa dimaksudkan memberikan kesempatan kepada para siswa-siswi yang memiliki bakat di bidang akademik (OSN), olahraga, menyanyi, membaca puisi dan tahfidz, untuk bisa bersekolah di Sekolah Semesta. 

Bulan September Tahun ajaran 2022/2023 sekolah Semesta rencana akan kembali membuka jalur beasiswa. Untuk info lebih lanjut bisa mengunjungi situs sekolah Semesta www.semesta.sch.id.

 

Terkait


Semesta Day 2022 Ajak Pelajar Berprestasi di Masa Pandemi

Siswa Indonesia Sabet Medali Emas pada Ajang IOI 2021

Sekolah Semesta Berbagi dengan Anak Yatim Piatu di Semarang

Sekolah Semesta Semarang Gelar Pelatihan bagi Pendidik

Semesta Day Ajak Pelajar Beprestasi di Masa Pandemi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark