Kundha Kabudayaan Sleman Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Salah satu penampilan seni budaya pada gelar Apresiasi Seni Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) Kabupaten Sleman 2022.
Salah satu penampilan seni budaya pada gelar Apresiasi Seni Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) Kabupaten Sleman 2022. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, DIY, menggelar Apresiasi Seni Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY) Kabupaten Sleman 2022. Dibuka lewat pemukulan gong dan penyerahan tombak ke penari Beksan Lawung Ageng di Gedung Kesenian Sleman.

Pelaksanaan FKY 2022 ini mengusung tema Merekah Ruah. Dalam laporannya, Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman, Edy Winarya mengatakan, acara ini merupakan rangkaian FKY DIY yang telah dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

FKY DIY sendiri telah dibuka pada 12 September 2022 lalu. Edy menuturkan, ada beberapa tujuan dari diselenggarakannya FKY Sleman antara lain agar mengenalkan kekayaan seni budaya bangsa Indonesia, khususnya kesenian tradisional Sleman.

Sekaligus, lanjut Edy, memberikan ruang ekspresi dan kreatif bagi seniman-seniman yang ada di Kabupaten Sleman. Ia berharap, dengan diselenggarakannya FKY tingkat Kabupaten Sleman tahun ini bisa memacu kreativitas seniman. "Serta, sebagai sarana berekspresi bagi seniman Sleman," kata Edy, Kamis (15/9/2022).

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, menyampaikan apresiasi dan menyambut baik FKY yang diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan Sleman. Ia merasa, seni budaya itu sendiri dapat dilihat dari fungsinya.

Salah satunya sebagai pemersatu bangsa. Karenanya, ia menekankan, upaya-upaya pelestarian kebudayaan melalui festival-festival sangat perlu digencarkan. Selain itu, yang terpenting Pemkab Sleman harus bisa memberikan edukasi.

"Serta, pengenalan nilai-nilai budaya pada diri sendiri dan generasi penerus," ujar Danang. Apresiasi seni FKY tingkat Kabupaten Sleman merupakan komitmen Pemkab Sleman melalui Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Sleman.

Yang mana, berkolaborasi dengan Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY dan Paniradya Pati Kaistimewaan. Tujuannya, untuk mempertahankan kebudayaan DIY sekaligus memberikan panggung kepada kelompok-kelompok seni, khususnya di Sleman.

Pelaksanaan Apresiasi Seni FKY tingkat Sleman dilaksanakan selama dua hari yakni 14-15 September 2022. Hari pertama dimeriahkan penampilan grup seni Cikrak Kina dari Jogotirto, Brahmaninten Margodadi, dan Gondowasitan Tirtomartani. Kemudian, pada hari kedua Tirto Mantomo Sendangtirto, Dwi Mudo Budoyo Margokaton, dan Hadi Sumunar Margorejo.

Terkait


Gelaran Festival Ngudoroso Sleman Upaya Pelestarian Seni Budaya

34 Peserta Ikuti Festival Dalang Anak dan Remaja Sleman

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark