Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

5 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sesulit Apa Pun Kehidupan, Bersabarlah karena Allah SWT Janjikan Ini

Jumat 23 Sep 2022 10:29 WIB

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil

Sesulit Apapun Kehidupan, Bersabarlah karena Allah SWT Janjikan Ini. Foto:  Sabar (ilustrasi).

Sesulit Apapun Kehidupan, Bersabarlah karena Allah SWT Janjikan Ini. Foto: Sabar (ilustrasi).

Foto: Wordpress.com
Ada keberkahan di balik kesabaran.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran menyampaikan bahwa karunia di dunia dan akhirat itu didasarkan pada kesabaran. Kesuksesan di dunia dan akhirat, keselamatan dari api neraka dan kemenangan mencapai surga, dan keselamatan yang diinginkan oleh setiap individu ataupun masyarakat, itu semua tergantung pada kesabaran.

Ada banyak ayat Alquran yang menjelaskan tentang janji Allah terhadap mereka yang bersabar. Pertama, Surah Al-Baqarah ayat 153. Allah SWT berfirman, "Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar."

Baca Juga

Allah SWT memerintahkan setiap orang beriman untuk meminta bantuan dan pertolongan atas segala urusan mereka kepada Allah SWT dengan kesabaran dan shalat.

Begitu juga dalam Surat Al-Anfal ayat 46: "Dan taatilah Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berselisih, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan kekuatanmu hilang dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar."

Kedua, kasih Allah SWT menyertai orang-orang yang bersabar. Inilah yang perlu ditanamkan pada diri setiap Muslim, untuk bisa melewati berbagai masalah kehidupan.

Allah SWT berfirman, "Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak (menjadi) lemah karena bencana yang menimpanya di jalan Allah, tidak patah semangat dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar." QS Ali Imran ayat 146)

Ketiga, Allah SWT memberi perhatian khusus kepada orang-orang beriman yang bersabar. Bergembiralah mereka yang bersabar dalam menghadapi berbagai ujian kehidupan, sebab rahmat Allah SWT menyertainya.

Allah SWT berfirman, "Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS Al-Baqarah ayat 155-157)

Keempat, seorang Muslim yang sabar mendapat ganjaran terbaik atas kesabaran mereka. Allah SWT berfirman, "Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS An-Nahl ayat 96)

Kelima, berbahagialah mereka yang bersabar, sebab kesabarannya diganjar dengan pahala tanpa batas. Atas kesabaran dan pahala yang diterimanya, orang sabar bahkan tidak melewati hisab.

Allah SWT berfirman, "Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas." (QS Az-Zumar ayat 10)

Sumber

https://fiqh.islamonline.net/%D8%A7%D9%84%D8%B5%D8%A8%D8%B1-%D8%B9%D9%84%D9%89-%D8%A7%D9%84%D8%A7%D8%A8%D8%AA%D9%84%D8%A7%D8%A1-%D9%88%D8%A7%D9%84%D9%88%D9%82%D8%A7%D9%8A%D8%A9-%D9%85%D9%86-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D8%B3%D8%AF/

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile