Selasa 27 Sep 2022 13:52 WIB

WhatsApp Gulirkan Fitur Baru untuk Video Call Sampai 32 Orang

WhatsApp menggulirkan fitur baru bernama Call Liks mulai pekan ini. Untuk menggunakannya ada syarat.

Rep: Koiyudh/ Red: Partner
.
Foto: network /Koiyudh
.

Aplikasi Whatsapp. Ilustrasi
Aplikasi Whatsapp. Ilustrasi

WhatsApp rencananya menggulirkan fitur baru dalam sepekan ini. Fitur baru tersebut bernama Call Links, berupa tautan langsung (direct link) untuk melakukan panggilan Audio Video yang bisa memuat 32 orang secara bersamaan.

Fitur ini mungkin mengingatkan kita pada kepunyaan Zoom. Nantinya, Call Links akan bisa diakses melalui banner yang terletak di atas tombol "Calls" atau "Panggilan".

Pengguna WhatsApp yang mau menjajal fitur ini, ada syaratnya. Yakni harus sudah menggunakan WA versi terbaru (paling updated).

"Kami menggulirkan "call links" di WhatsApp mulai pekan ini jadi kamu bisa membagikan tautan untuk memulai panggilan dengan sekali ketuk. Kamu juga menguji coba panggilan video terenkripsi yang bisa memuat hingga 32 orang. Info lebih detail, datang segera," ungkap Bos Meta Mark Zuckerberg, yang saat ini membawahi Facebook, Instagram, dan Whatsapp.

Penggunaan fitur panggilan video bareng berkapasitas lebih besar ini merupakan sesuatu yang baru. Sebab, pengguna WhatsApp sekarang baru bisa melakukan panggilan bareng maksimal delapan orang.

Penambahan ruang ini pun bbisa menjadikan WhatsApp sebagai kompetitor baru di segmen video conference. Sebelumnya sudah beberapa aplikasi seperti Google Meet, Microsoft Teams, dan Zoom memiliki fitur sama.

Meski, kalau dibandingkan ketiganya, kapasitas WA masih terkecil. Google dan Microsoft Team misalnya, menyediakan fitur panggilan bareng hingga 100 orang. Sementara Zoom bisa sampai 300 orang.

Namun, itu dengan catatan. Ketiga aplikasi itu memiliki batasan waktu untuk video conference yang menggunakan akun gratisan.

WhatsApp memang sejauh ini belum menginformasikan apakah fitur link video call untuk 32 orang ini bakal ada batasan waktu.

Namun, bila tidak ada alias bebas waktu, rasanya fitur ini bakal menjadi pilihan utama bagi milyaran pengguna WhatsApp di seluruh dunia ketimbang tiga aplikasi tadi.

Sumber: The Verge

Baca juga:

- Cara Buka Dua Akun Whatsapp Sekaligus di Laptop

- Cara Mudah Bikin Huruf Bold, Miring, dan Coret di Whatsapp (WA)

- Cara Mudah Buat 'Hacker Background' di PC Kamu

- Cara Cepat Screenshot di Laptop Windows dan Mac

- Cara Download dan Instal Whatsapp GB Terbaru 2022 di HP Android, Gampang dan Cepat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement