Rabu 28 Sep 2022 14:42 WIB

PGN Pusat Beri Kado Sambungan 2.500 Jargas untuk Warga Muba

Pj Bupati Muba optimistis jargas dapat menekan angka kemiskinan di Kabupaten Muba

Red: Christiyaningsih
PT Pertamina Gas Negara (PGN) Pusat mengalokasikan 2.500 sambungan jagingan gas (jargas) untuk masyarakat Muba.
Foto: Pemkab Muba
PT Pertamina Gas Negara (PGN) Pusat mengalokasikan 2.500 sambungan jagingan gas (jargas) untuk masyarakat Muba.

REPUBLIKA.CO.ID, SEKAYU - Kado yang luar biasa diperoleh masyarakat Kabupaten Musi BAnyuasin (Muba) di hari jadi Muba ke-66 pada tahun ini. Pasalnya, PT Pertamina Gas Negara (PGN) Pusat mengalokasikan 2.500 sambungan jagingan gas (jargas) untuk masyarakat Muba. 

Hal ini ditandai dengan penandatanganan MoU oleh Direktur Sales dan Operasi PT PGN Pusat Faris Azis didampingi Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Pusat Achmad Muchtasyar dengan Pj Bupati Muba Apriyadi. Penandatanganan ini dilakukan usai pelaksanaan Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Musi Banyuasin ke-66 Tahun 2022 di Gedung DPRD Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (28/9/2022). 

Baca Juga

"Alhamdulillah kini Muba mendapatkan tambahan sambungan Jargas dari PT PGN Pusat sebanyak 2.500 sambungan jargas yang disalurkan di Kecamatan Sekayu. Tentu ini tidak terlepas dari support dan dukungan PT PGN Pusat serta masyarakat Muba," ungkap Pj Bupati Apriyadi.  

Menurutnya keberadaan SR Jargas ke rumah-rumah warga secara merata tentu dapat menjadi andil menekan angka kemiskinan di Kabupaten Muba. "Warga itu kalau dapat sambungan jargas biaya pemakaiannya lebih murah dan mereka terbantu, dibandingkan membeli gas tabung yang juga sering sulit diperoleh warga," kata Apriyadi.

Direktur Sales dan Operasi PT PGN Pusat Faris Azis didampingi Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN Pusat Achmad Muchtasyar mengapresiasi kegetolan Pj Bupati Muba Apriyadi yang sangat maksimal memperjuangkan alokasi sambungan Jargas untuk warga masyarakat Muba. "Semoga jargas ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Muba dan ke depan jargas untuk Kabupaten Muba akan di inventarisir agar dapat menyasar ke seluruh masyarakat Muba," ujarnya.

Seperti diketahui, Kabupaten Muba kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) dan merupakan lumbung energi. "Jadi apa yang menjadi kekayaan di Muba ini harus dirasakan secara langsung oleh masyarakatnya. Tahun ini segara akan kita sambungkan jargas sebanyak 2.500 di Kecamatan Sekayu. Ke depannya kita akan terus lakukan penambahan Jargas baik itu kecamatan yang ada di Muba maupun di kabupaten/kota lainnya," kata dia.

Plt Kepala Bappeda Muba Sunaryo merinci, di Kabupaten Muba sudah mendapatkan kuota pemasangan Jargas SR warga sejak tahun 2017 dengan total SR sebanyak 6.031. "Kemudian di tahun 2020 mendapatkan 4.385 SR di Sekayu, 2.995 SR di Sungai Lilin, dan 782 SR di Bayung Lencir, dan di tahun 2022 ini mendapatkan 2.925 SR di Bayung Lencir yang saat ini dikerjakan di tiga desa dan satu kelurahan," urainya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement