Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

6 Hal yang Membuat Buang Air Besar Terasa Sakit

Sabtu 01 Oct 2022 10:42 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti

Enam hal yang membuat buang air besar terasa sakit. (Ilustrasi)

Enam hal yang membuat buang air besar terasa sakit. (Ilustrasi)

Foto: www.freepik.com
Jika Anda sering kesakitan saat BAB, mungkin ada kondisi medis yang mendasarinya.

REPUBLIKA CO.ID, JAKARTA -- Buang air besar yang menyakitkan kadang-kadang terjadi karena kondisi yang cenderung mudah hilang seperti wasir atau diare. Namun, jika Anda sering merasakan sakit saat buang air besar, mungkin ada kondisi medis mendasar yang memerlukan perhatian misalnya penyakit radang usus (IBD) dan kanker dubur.

Berikut enam penyebab potensial buang air besar yang menyakitkan dan bagaimana mengobatinya, seperti dilansir laman Insider, Sabtu (1/10/2022):

1. Sembelit

Jika Anda buang air besar kurang dari tiga kali sepekan dan cenderung menyakitkan, kemungkinan Anda mengalami konstipasi. Sembelit menyebabkan tinja keras, padat, dan berukuran lebih besar karena menumpuk di saluran pencernaan.

Profesor kedokteran di Divisi Gastroenterologi dan Hepatologi di Sekolah Kedokteran Rutgers Robert Wood Johnson, Ellen Stein, mengatakan ada beberapa gejala sembelit lainnya seperti mengejan untuk buang air besar, sakit perut, kram, kembung, merasa seperti tidak benar-benar mengosongkan isi perut, serta merasa seolah-olah ada penyumbatan di rektum yang mencegah buang air besar.

Sembelit biasanya diobati dengan melakukan perubahan pola makan dan gaya hidup terlebih dahulu. 

Penting untuk tetap terhidrasi, mendapatkan cukup serat, dan berolahraga secara teratur. Jika perubahan pola makan dan gaya hidup tidak cukup, maka konsultasikan dengan dokter tentang pilihan seperti suplemen serat, pencahar, dan obat resep yang melunakkan tinja.

2. Wasir

Wasir adalah pembengkakan, pembuluh darah membesar yang berkembang di dalam rektum atau di luar anus, yang dapat membuat buang air besar tidak nyaman atau menyakitkan. Beberapa gejala wasir antara lain perdarahan rektal, nyeri di anus, terutama saat duduk, benjolan keras dan lunak di dekat anus, dan anus gatal.

Wasir biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah sekitar satu pekan. Namun, wasir yang lebih besar mungkin memerlukan obat-obatan, atau bahkan pembedahan. Anda dapat minum lebih banyak air, meningkatkan asupan serat, dan menggunakan obat bebas untuk meredakan gejala.

3. Fisura anus

"Fisura anus adalah robekan kecil di lapisan saluran anus," kata Stein.

Anda bisa mengalaminya dari tekanan pada saluran anus, seperti diare parah atau sembelit. Fisura anus sering menyebabkan rasa sakit dan pendarahan dengan buang air besar. Fisura anus memiliki beberapa gejala, seperti, robekan yang nyata pada kulit di sekitar anus, darah merah cerah di bangku atau kertas toilet, nyeri yang berlangsung hingga beberapa jam setelah buang air besar.

Fisura anus biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa pekan. Sementara itu, Anda harus menghindari mengejan berlebihan saat buang air besar dan mengobati diare dan sembelit bila perlu. Anda juga dapat mencoba pengobatan untuk fisura anus seperti berendam dalam air hangat beberapa kali sehari selama 10 hingga 20 menit, lumasi area tersebut dengan petroleum jelly, untuk fisura anus yang persisten, Anda mungkin memerlukan supositoria hidrokortizon atau krim obat.

4. Diare

Diare adalah suatu kondisi di mana Anda buang air besar encer setidaknya tiga kali sehari. Ahli gastroenterologi di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital, Eugene Yen, mengatakan kotoran cair cenderung lebih asam dibandingkan feses normal, yang terkadang dapat menyebabkan rasa terbakar saat buang air besar.

Ada banyak kondisi dan kebiasaan pola makan yang dapat menyebabkan diare, tetapi beberapa yang paling umum adalah mengonsumsi alkohol, alergi makanan, kondisi pencernaan. Selain tinja yang encer dan cair, gejala diare lainnya adalah kembung, kram perut,kebutuhan mendesak untuk buang air besar, mual.

Yen mengatakan, diare akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Jika mengalami diare selama beberapa pekan, penyedia layanan kesehatan mungkin meresepkan antibiotik, probiotik, atau obat lain tergantung pada penyebab atau kondisi kesehatan tertentu.

5. Penyakit radang usus (IBD)

IBD adalah istilah yang menggambarkan dua kondisi yang melibatkan peradangan kronis pada saluran pencernaan, kolitis ulserativa dan penyakit crohn. Yen mengatakan, orang dengan IBD terkadang mengalami robekan dan infeksi di sekitar daerah anus, yang dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air besar.

Ada beberapa gejala umum IBD seperti kelelahan, diare, penurunan berat badan, tinja berdarah, dan sakit perut. Anda dapat menggunakan obat-obatan oral seperti biologis, kortikosteroid, dan asam 5-aminosalisilat untuk mengobati peradangan. Stein mengatakan pengobatan IBD dini dan cepat diperlukan untuk memperbaiki gejala IBD.

6. Kanker dubur

Memiliki kanker di saluran anus menyebabkan rasa sakit di daerah anus yang bisa membuat buang air besar terasa sakit. Gejala lain termasuk pendarahan dari anus, gatal dubur, massa atau pertumbuhan di saluran anus, bintik-bintik gelap atau perubahan warna di daerah anus.

Stein mengatakan, kanker dubur muncul dalam beberapa bentuk, entah itu benjolan, benjolan kecil, atau bahkan bintik hitam kecil atau perubahan warna, itu sebabnya Anda tidak boleh mengabaikan gejala apa pun di daerah anus. Sebaiknya segera memeriksakan diri.

Perawatan umumnya tergantung pada stadium kanker dubur serta preferensi sendiri. Gabungan kemoterapi dan terapi radiasi, pembedahan, dan imunoterapi adalah beberapa pilihan pengobatan untuk kanker dubur yang mungkin Anda miliki. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile