Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

WA Distribusikan 20.000 Alquran, Iqro dan Santunan Yatim di Pelosok Jawa Barat

Selasa 04 Oct 2022 23:29 WIB

Rep: IRWAN KELANA/ Red: Partner

.

.

Foto: network /IRWAN KELANA
Total target untuk Provinsi Jawa Barat sebanyak 114 ribu Alquran wakaf.

BWA mendistribusikan 20 ribu Alquran wakaf, 960 Iqro dan santunan kepada 36 anak yatim di beberapa wilayah pelosok di kabupaten/kota di Jawa Barat.
BWA mendistribusikan 20 ribu Alquran wakaf, 960 Iqro dan santunan kepada 36 anak yatim di beberapa wilayah pelosok di kabupaten/kota di Jawa Barat.

DESTINASI -- Memasuki bulan Rabiul Awwal 1443 H yang merupakan bulan kelahiran baginda Nabi Besar Muhammad SAW, Badan Wakaf Alquran (BWA) mendistribusikan 20 ribu Alquran wakaf, 960 Iqro dan santunan kepada 36 anak yatim di beberapa wilayah pelosok di kabupaten maupun kota di Jawa Barat.

Daerah cakupan distribusi kali ini meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabuaten Sukabumi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Karawang, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan. Kegiatan yang diadakan pada awal Oktober 2022 itu didukung beberapa komunitas.

Alquran sebanyak 20.000 ini merupakan distribusi tahap pertama dari total target untuk Provinsi Jawa Barat sebanyak 114 ribu Alquran nantinya. Jumlah tersebut masih sangat kurang mengingat Muslim di Jawa Barat berjumlah 46,3 juta jiwa. Jawa Barat yang memiliki wilayah yang luas dan memiliki banyak perkebunan, menyebabkan banyak masyarakat yang sulit untuk mendapatkan Alquran.

Di wilayah Kabupaten Garut , salah satu daerah cakupan distribusi yaitu beberapa desa di Kecamatan Bungbulang. Daerah yang bisa dikatakan salah satu daerah pelosok di Jawa Barat. Alhamdulillah di Kecamatan Bungbulang, BWA mendistribusikan Alquran hingga ke salah satu desa yang sangat pelosok yaitu Desa Gunung Jampang.

Kebutuhan Alquran masyarakat Jawa Barat masih sangat besar.
Kebutuhan Alquran masyarakat Jawa Barat masih sangat besar.

Untuk menuju wilayah Gunung Jampang dari Kota Garut, tim BWA harus menempuh perjalan sekitar tiga jam menuju Desa Cihikeu. Kemudian dilanjutkan perjalanan selama dua jam dengan kondisi jalan tanah menuju Desa Mekarbakti. Di Desa Mekarbakti, tim harus melanjutkan perjalanan selana dua jam menggunakan truk engkel karena kondisi jalan yang sudah tidak bisa dilewati mobil pada umumnya.

Alhamdulillah tim BWA tiba di Desa Gunung Jampang. Disini tim BWA mengadakan acara tabligh akbar sekaligus distribusi Alquran serta pembagian santunan anak yatim yang juga didukung oleh masyarakat, komunitas, dan juga Karang Taruna. Masyarakat sangat antusias karena memang selama ini belum pernah ada kegiatan seperti ini.

"Kami sangat bersyukur dengan datangnya BWA, karena memang belum pernah ada kegiatan seperti ini. Kami sebagai masyarakat mengucapkan terima kasih kepada BWA dan para wakif yang sudah jauh-jauh dari Jakarta ke sini, insya Allah kebaikan ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin,” ujar Abdaloh yang merupakan tokoh masyarakat di Desa Gunung.

Selain itu kegiatan BWA ini mendapat dukungan kepala desa dan juga dari MUI Kecamatan Bungbulang yang turut hadir pada kegiatan tabligh akbar. "Saya ucapkan banyak terima kasih kepada BWA yang telah hadir di sini. Jazakumullah khairan katsiiran, mudah-mudahan masyarakat di sini bisa mengamalkan tiada hari tanpa baca Quran. Harapannya dengan datangnya BWA ini kekurangan Alquran masyarakat Kecamatan Bungbulang nantinya bisa terpenuhi ke depannya pada tahap-tahap distribusi selanjutnya," ungkap H Sukmadin Ilyas, ketua MUI Kecamatan Bungbulang.

Kebutuhan Alquran untuk masyarakat Jawa Barat memang tinggi. Sebagai contoh bisa dilihat pada saat tim mengunjungi salah satu masjid di Desa Gunung Jampang hanya ditemukan lima buah mushaf Alquran yang digunakan secara bergantian oleh lebih dari 30 santri TPA/TPQ/Madrasah Diniyah (MD) untuk mengaji.

BWA mengajak kaum Muslimin untuk terus ikut menyukseskan program 114.000 Alquran untuk masyarakat Jawa Barat terutama yang berada di daerah pelosok maupun yang membutuhkan Alquran. Setelah distribusi 20 ribu Alquran wakaf pada tahap pertama ini, masih ada kekurangan 94 ribu Alquran lagi. Oleh karenanya, bagi Anda yang belum berwakaf, masih ada kesempatan. Yuk berwakaf di BWA.

sumber : https://destinasi.republika.co.id/posts/181247/wa-distribusikan-20-000-alquran-iqro-dan-santunan-yatim-di-pelosok-jawa-barat
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

BERITA TERKAIT

 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile