Senin 05 Sep 2022 16:22 WIB

BWA Distribusikan 20 Ribu Alquran Wakaf di Kalimantan Selatan

Target BWA menyalurkan 100 ribu Alquran wakaf di Kalsel.

Red: Irwan Kelana
Badan Wakaf Alquran  (BWA) menyalurkan 20 ribu Alquran wakaf di 11 kabupaten dan dua kotamadya di  Kalimantan  Selatan, pekan lalu.
Foto: Dok BWA
Badan Wakaf Alquran (BWA) menyalurkan 20 ribu Alquran wakaf di 11 kabupaten dan dua kotamadya di Kalimantan Selatan, pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kalimantan Selatan adalah provinsi dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam, yaitu 97 persen  dari total kurang lebih 4,1 juta  penduduk. Hal ini tak lepas dari pengaruh  Kerajaan Banjar yang yang terbentuk sejak abak ke 14 dan berorientas islam.

Atas dasar inilah Badan Wakaf Alquran (BWA)  membuat projek  khusus   Wakaf Alquran dan Pembinaan untuk Kalimantan Selatan. Pekan lalu  BWA menyalurkan 20 ribu Alquran wakaf di Kalimantan Selatan  (Kalsel).

“Ini adalah kali kedua BWA melakukan distribusi Alquran wakaf di Kalsel, setelah yang pertama berjumlah 10 ribu eksemplar, sehingga total adalah 30 ribu Alquran wakaf,” kata  Guru Lutfi, partner lapang BWA dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Senin (5/9/2022).

Ia menambahkan, distribusi ke-2 dimulai pada hari Senin, 29 Agustus 2022 dan akan meliputi 11 kabupaten dan dua kotamadya di Kalsel. Yaitu,  Kabupaten Rantau, Kabupaten Banjar, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kabupaten  Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan, Kabupaten  Hulu Sungai Utara, Kabupaten  Tabalong, Kabupaten Tanah Laut, Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Kotabaru, Kabupaten  Tabalo, Kota Banjarmasin, dan Kota Banjarbaru.

Pada Kamis, 1 September 2022,  tim BWA diterima oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu  H  M Rusli SSos. “Saya ucapkan terima kasih kepada para ulama dan juga tim pusat (BWA), Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi  kita semua karena ini merupakan niat yang suci, niat yang baik dalam hal ini adalah memberikan (menyalurkan) wakaf Alquran di Kabupaten Tanah Bumbu,” kata Rusli. 

Ia menambahkan, ini merupakan salah satu cara untuk menguatkan syiar Islam di Kabupaten  Tanah Bumbu dan Kalimantan Selatan. “Semoga dengan aktivitas ini menjadikan masyarakat lebih dekat dengan Alquran,” ujarnya.

Pada aJum’at, 2 September 2022, tim BWA diterima oleh Bupati Kabupaten Tabalong Bapak Dr Drs H  Anang Syakhfiani MSi.  Ia  mendukung program wakaf Alquran yang diinisiasi oleh BWA. “Terima Kasih BWA, ternyata tidak luput perhatiannya ke Kabupaten Tabalong ini. Dengan kedatangan Guru Luthfi sebagai perwakilan BWA yang menyerahkan (simbolis) Alquran ini, kami pandang sebagai upaya untuk mengingatkan kami semua. Ini untuk mengingatkan kami bahwa ini (Alquran) penting,”  kata  Anang.

Ia mengungkapkan, ada perwakilan dari desa-desa yang terpencil di Kabupaten  Tabalong yang pernah datang ke Pemkab Tabalong untuk meminta Al qura.  “Insya Allah Alquran wakaf dari BWA  akan kami distribusikan ke wilayah pelosok. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih, mudah-mudahan ini dapat berlanjut,” ujar  Bupati Tabalong.

Guru Lutfi mengemukakan,  insya Allah distribusi Alquran wakaf BWA akan berlanjut. Saat ini sejumlah 30 ribu total sudah dan sedang didistribusi di Kalimantan Selatan. “Masih ada kesempatan para wakif untuk mendukung 70 ribu Alquran wakaf BWA, sebagaimana target kami adalah 100 ribu Alquran wakaf untuk Kalimantan  Selatan. Silakan kunjungi www.bwa.id dan www.wakafquran.org untuk ber wakaf dan mengetahui semua kegiatan BWA,” kata Guru Luthfi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement