Jumat 07 Oct 2022 16:15 WIB

Mengenal Rasa Kopi yang Mulai Langka di Dunia

Kopi Uganda di ketinggian gunung Rwenzori termasuk salah satu yang mulai punah.

Red: Indira Rezkisari
Petani memanen kopi.
Foto: ANTARA/Syaiful Arif
Petani memanen kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak sekali jenis kopi di dunia. Rasanya bahkan hampir tiap negara memiliki specialty coffee nya sendiri.

Nespresso lewat kampanye “Made With Care” menghadirkan kapsul kopi dengan rasa yang langka dan unik dari rangkaian Reviving Origins. Kampanye “Made With Care” yang dijajak pada tahun 2021 bertujuan membuat dampak positif di produksi kopi, termasuk pemilihan biji kopi terbaik dan di saat yang bersamaan juga meningkatkan kesejahteraan para petani serta melindungi lingkungan.

Baca Juga

Kali ini Nespresso meluncurkan empat kapsul kopi yang dibuat dengan para ahli untuk menghidupkan kembali komunitas kopi dari asal daerahnya, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Republika, Jumat (7/10/2022).

Koleksi kapsul pertama adalah Amaha Awe Uganda yang menyediakan kenikmatan unik rasa sandalwood dengan aroma floral dan wild. Selama ratusan tahun, tanah subur dan ketinggian gunung Rwenzori di Uganda menjadikannya lahan kopi dengan gletser dan puncak yang tertutup salju sebagai sumber air yang stabil.

Namun, bertahun-tahun ditelantarkan dan terisolasi membuatnya menjadi kopi yang hampir dilupakan. Menjadi bagian dari program Reviving Origins yang dimulai pada tahun 2018, Nespresso telah bekerja sama dengan lebih dari 2.000 petani kecil di Uganda untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kopi dari gunung ini melalui metode yang berkelanjutan.

Kedua adalah Tamuka mu Zimbabwe. Kapsul kopi Tamuka mu Zimbabwe ini memberikan aroma buah dan bunga secara bersamaan. Dampak perubahan cuaca dan konflik hampir saja melenyapkan kopi Zimbabwe dengan rasa yang unik ini.

Nespresso  bekerja secara dekat dengan komunitas kopi, membawa para ahli dan menerapkan praktik berkebun yang berkelanjutan, guna membangkitkan kembali komunitas kopi di Zimbabwe. Tahun ini, para penikmat kopi dapat merayakan kembalinya kopi Arabica yang memiliki kejutan aroma buah dengan rasa asam yang segar dalam secangkir kopi.

Kemudian Master Origins Colombia. Kopi ini memiliki rasa asamn yang segar, ditambah dengan kejutan aroma buah merah anggur yang dihasilkan dari proses panen yang lebih lama dari biasanya.

Para petani menunggu hingga buah ceri kopi melewati fase kematangannya agar gula buah dapat meresap lebih dalam ke biji kopi, sehingga memberikan rasa kesegaran berbeda. Teknik ini telah dikuasai oleh lebih dari 1.000 petani dengan dukungan dari AAA Program yang menyediakan pelatihan teknis, guna meningkatkan kualitas kopi dan pendapatan para petani.  

Terakhir, Cafecito de Cuba. Kopinya memiliki intensitas yang kuat dengan aroma kayu dan daun tembakau, sehingga cocok diminum sebagai ristretto. Kopi dalam kapsul koleksi ini dipanggang secara dark dan memiliki teksur yang halus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement