Sabtu , 26 Nov 2022, 19:15 WIB

FIFA Larang Penonton dengan Kostum Tentara Perang Salib Masuk ke Stadion di Qatar

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Gilang Akbar Prambadi
Seorang penggemar timnas Inggris menggunakan replika pakaian perang salib. (Ilustrasi).
Foto EPA-EFE/Neil Hall

Seorang penggemar timnas Inggris menggunakan replika pakaian perang salib. (Ilustrasi).

Pakaian replika perang salib mengundang sentimen masa lalu yang pedih di Tanah Arab.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- FIFA melarang penggemar Inggris memasuki stadion jika mereka mengenakan kostum tentara salib untuk menyaksikan pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar. Beberapa penggemar Inggris terlihat mengenakan kostum tentara salib, seperti baju besi rantai, helm plastik dan senjata mainan, selama pertandingan melawan Iran dan itu memicu protes di media sosial.

Khususnya, kostum tentara salib dilarang di negara-negara Muslim karena alasan sejarah. Di negara-negara Muslim, itu seperti mengorek sejarah menyakitkan dari invasi kekerasan oleh orang-orang Kristen yang berusaha untuk merebut Yerusalem dan daerah sekitarnya di bawah kekuasaan Islam pada abad ke-11 hingga ke-13.

Baca Juga

Penggemar Inggris telah mengenakan pakaian serupa sebelumnya saat menghadiri acara olahraga lainnya. Tetapi ketika beberapa orang muncul dengan kostum tentara salib di pertandingan Piala Dunia antara Inggris melawan Iran, mereka ditolak oleh pejabat, yang terekam dalam video yang tersebar di media sosial.

"Penggemar Inggris akan dilarang mengikuti pertandingan di Qatae mendatang jika mereka mengenakan kostum replika tentara salib yang dianggap tidak peka budaya di negara Muslim," kata FIFA, dikutip dari India Today, Sabtu (26/11/2022).

"Kostum ini dalam konteks Arab atau Timur Tengah dapat dianggap ofensif, jadi itulah alasan mengapa mereka tidak diizinkan di stadion," kata juru bicara FIFA.

Pertandingan antara Inggris melawan Amerika Serikat pada matchday kedua Grup B telah berakhir dengan hasil imbang tanpa gol. Sementara di partai berbeda, Iran berhasil menaklukkan Wales 2-0. Dengan hasil itu, Iran naik ke peringkat kedua, dan hanya tertinggal satu poin di bawah Inggris.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
timnas inggris baju perang salib holigan inggris piala dunia 2022
Berita Terpopuler
Bintang Laga
Ekonomi Syariah (ilustrasi)

Tahun 2023, Tahun Akselerasi Ekonomi Syariah

Kamis , 12 Jan 2023, 18:03 WIB
Histori

RSPI Sulianti Sebut Kondisi Dua WNI Positif Corona, Baik

Rabu , 04 Mar 2020, 15:50 WIB

Pencarian Korban Tertimbun Longsor Tasik Masih Dilakukan

Rabu , 04 Mar 2020, 15:49 WIB
Berita Lainnya