Rabu 30 Nov 2022 17:29 WIB

Pemkot Tangerang Bentuk 31 Posyandu Remaja Atasi Kesehatan Mental

Kegiatan jambore kader remaja diikuti 200 peserta.

Red: Andi Nur Aminah
Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Wali Kota Tangerang Arief Rachadiono Wismansyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Kesehatan membentuk 31 posyandu remaja di seluruh wilayah sebagai upaya pencegahan dan pengobatan kesehatan mental di kalangan remaja dan terciptanya generasi muda yang unggul.

"Kemajuan teknologi memungkinkan masyarakat menjadi malas gerak atau mager. Jadi penting untuk bagaimana bisa berprilaku sehat. Selain sehat secara lahir, harus juga sehat secara batin," kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dalam acara Jambore Kader Remaja di RSSA Arrahmah, Karawaci, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga

Kegiatan jambore kader remaja diikuti 200 peserta yang merupakan kader remaja sekolah, kader posyandu remaja, pengelola program PKPR dan guru pendamping. Wali Kota juga menekankan mengenai pesatnya perkembangan era sosial media diharapkan tidak membuat para remaja menjadi lupa untuk tetap berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

Ia juga mengimbau kepada para siswa sekolah yang hadir dalam acara tersebut untuk tidak sungkan berkonsultasi kepada Puskesmas apabila memiliki masalah, baik kaitan pribadi ataupun yang terjadi dalam keluarga. Selain itu dapat pula menghubungi Tangerang Siaga 112 jika mengalami kondisi kegawat daruratan.

"Tinggal telpon kalau ada informasi gawat darurat, gratis. Silakan dimanfaatkan. Bahkan jika ada yang membuli teman silakan lapor," katanya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, sasaran remaja di Kota Tangerang sebanyak 348.772 orang dan jumlah posyandu remaja yang tersedia ada 31 Posyandu dan 155 kader posyandu remaja.

Wakil Wali Kota Tangerang memberikan penghargaan posyandu remaja terbaik kepada sejumlah Puskesmas di Kota Tangerang.

Penerima penghargaan tersebut di antaranya adalah Puskesmas Manis Jaya untuk Posyandu Remaja Siap, Puskesmas Tajur untuk Posyandu Remaja Gaskeun, Puskesmas Karawaci Baru untu Posyandu Remaja Cetar, Puskemas Cikokol untuk Posyandu Remaja Kreasi, Puskemas Panunggangan Barat untuk Posyandu Remaja Tunas Harapan, dan Puskesmas Panunggangan untuk Posyandu Remaja Pos Sigap.

"Selamat kepada puskesmas yang mendapatakan penghargaan semoga dapat memotivasi terutama untuk kader yang muda-muda ini agar terus menjadi lebih baik. "Terima kasih karena telah berjasa dan berkontribusi memberikan pelayanan terbaik dalam bidang kesehatan masyarakat," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement