Penyelesaian Infrastruktur Pengendali Banjir di Semarang Mendesak

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi

Warga berswafoto saat banjir di Kawasan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023). Tingginya curah hujan di Semarang menyebabkan ruas jalan raya Semarang-Demak terganggu. Saat ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan besar.
Warga berswafoto saat banjir di Kawasan Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023). Tingginya curah hujan di Semarang menyebabkan ruas jalan raya Semarang-Demak terganggu. Saat ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan besar. | Foto: Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Penyelesaian seluruh infrastruktur pengendali banjir di wilayah Kota Semarang sangat diharapkan. Hal ini penting, guna mengatasi problem banjir yang masih berlanjut di ibu kota Provinsi Jawa Tengah ini.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, H Hadi Santoso mengungkapkan, banjir yang hampir merata di wilayah pesisir Kota Semarang, jelang pergantian tahun menjadi 'peringatan' untuk itu.

Menurutnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi terjadinya banjir di Kota Semarang kali ini. Pertama memang dipicu oleh faktor cuaca yang cukup ekstrem akibat hujan yang turun dengan intensitas lebat.

Ini bisa dilihat dari kondisi air di sungai Banjir kanal Barat maupun Banjirkanal Timur, yang alirannya sampai meluap di beberapa titik akibat debit air kedua sungai ini melonjak sangat signifikan.

Termasuk juga kawasan Kota Lama Semarang yang sejak program revitalisasi rampung dilaksanakan telah mampu mengurangi potensi banjir maupun potensi genangan akibat rob.

"BMKG Jawa Tengah memang sudah memberi peringatan beberapa hari sebelumnya, terkait potensi bencana hidrometeorologi ini," ungkap Hadi di Semarang, Jawa Tengah, Senin (2/1/2023).

Sistem drainase di Kota Semarang yang menumpuk, lanjut Legislator PKS Jawa Tengah ini, juga memberi andil dan menjadi salah satu faktor genangan banjir di wilayah Kota Semarang meluas.

Menurutnya, hampir semua drainase di Kota Semarang wilayah bawah, saat turun hujan ekstrem tidak mampu membuang debit air yang berlebih ke sungai karena banyaknya air larian yang ada.

Faktor penhebab lainnya adalah belum selesainya sistem pepengendali banjir di Kota Semarang. "Terutama tol laut Semarang-Demak dan Semarang Harbour (Pelabuhan)," katanya.

Di tol Semarang-Demak, masih lanjut Hadi, direncanakan akan ada polder yang cukup banyak degan kapasitas tampung yang sangat besar. Namun sampai hari ini belum ada progres penyelesaiannya.

Sehingga ini sangat berpengaruh terhadap intensitas genangan, khususnya yang terjadi di sejumlah lingkungan di wilayah Kecamatan Genuk maupun wilayah Kecamatan Semarang Timur.

Maka opsi yang paling tepat adalah segera menyelesaikan seluruh infrastruktur pengendali banjir di Kota Semarang. "Karena banyak objek vital, seperti kereta api dan pantura jalur utama pantura Semarang-Demak," kata Hadi.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sukirman saat meninjau banjir di Kecamatan Ngaliyan, mengkritik rendahnya kepedulian perusahaan- perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Mangkang.

Ia ingin Pemkot Semarang melalui instansi terkaitnya segera mendata ulang warga miskin. Khususnya yang ada di kawasan tersebut dan terdampak oleh bencana banjir kali ini.

Dia juga menyesalkan banyak perusahaan dan pabrik-pabrik besar gersebar di sekitar lingkungan yang  terdampak banjir, tetapi tidak membantu apa-apa kepada warga terdampak.

"Kita akan minta Gubernur maupun Wali Kota Semarang untuk menegur bos pabrik atau perusahaan itu. Apalagi setelah kita cek tidak banyak juga menyerap tenaga kerja dari warga sekitar," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Jumlah Warga Kudus Mengungsi Akibat Banjir Bertambah

Akibat Banjir, Ribuan Penumpang Batalkan Tiket Perjalanan Kereta Api

Banjir Jateng Surut, Layanan Kereta Api Kembali Normal

Ribuan Warga Jawa Tengah Terdampak Banjir Mengungsi

Dua Hari Terendam Banjir, Pelayanan di Stasiun Semarang Tawang Mulai Normal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark