Selasa 03 Jan 2023 03:03 WIB

Anda Sehat? Simak Pesan dari Menkes Budi Gunadi

Masker bisa tidak digunakan jika kita dalam kondisi sehat.

Red: Natalia Endah Hapsari
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan masker tidak perlu digunakan jika dalam kondisi sehat.
Foto: ANTARA/Indrianto Eko Suwarso
Menteri kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan masker tidak perlu digunakan jika dalam kondisi sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyatakan penggunaan masker hanya dianjurkan bila kita berada di ruang tertutup dan berada dalam kerumunan. "Pemakaian masker dianjurkan untuk ruang tertutup yang sempit dan situasi kerumunan. Kami kembalikan kepada masyarakat, kalau merasa sehat dengan udara terbuka, silakan (tidak memakai masker)," katanya.

Menurut Budi, strategi transisi pandemi ke endemi disikapi pemerintah dengan mengurangi intervensi kesehatan masyarakat, tapi kesadaran masyarakat yang perlu ditingkatkan dengan cara mengukur diri sendiri. "Presiden Joko Widodo menganjurkan partisipasi masyarakat penting, kalau merasa sehat. Saya sih kalau misalnya kerumunan dan ruang tertutup ada yang batuk, saya anjuran pakai masker," katanya.

Baca Juga

Dalam Keterangan Pers Menteri terkait Rapat Terbatas (Ratas) Percepatan Penanganan Stunting, Menkes Budi mengatakan vaksinasi menjadi hal yang perlu terus ditingkatkan cakupannya pada 2023.

Vaksinasi menjadi tanggung jawab masyarakat dalam memberikan perlindungan pada diri sendiri maupun orang di sekitar dari risiko penularan COVID-19 menyusul intervensi pemerintah melalui kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) telah dicabut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement