Selasa 17 Jan 2023 21:00 WIB

Psikolog UI : Lato-lato Dapat Timbulkan Emosi Positif Anak

Permainan lato-lato mengasah keterampilan motorik dan fisik.

Rep: Kampus Republika/ Red: Partner
.
Foto: network /Kampus Republika
.

Permainan lato-lato mampu menimbulkan rasa penasaran dan memacu diri untuk menguasainya. Foto : republika
Permainan lato-lato mampu menimbulkan rasa penasaran dan memacu diri untuk menguasainya. Foto : republika

Kampus—Permainan lato-lato kini sedang popular di tengah masyarakat, terutama kalangan anak-anak. Psikolog Klinis Anak Universitas Indonesia (UI) Efriyani Djuwita, MS, Psikolog, menilai permainan lato-lato ini dapat menimbulkan emosi positif bagi anak-anak.

Efriyani Djuwita yang juga Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia mengatakan, permainan lato-lato mampu menimbulkan rasa penasaran dan memacu diri untuk menguasainya. Terlebih, jika orang-orang di sekitarnya banyak yang terampil memainkan lato-lato.

“Tren di masyarakat mengenai permainan ini, mampu menambah rasa penasaran dan ingin mencoba, sehingga pada akhirnya banyak kita jumpai anak-anak memainkan mainan ini di mana-mana,” ujar Efriyani.

Lebih dari sekadar permainan, menurut Efriyani, permainan lato-lato ini dapat menimbulkan emosi positif bagi seseorang –terlebih pada anak-anak–, seperti emosi senang, karena merasa berhasil dan bangga karena mampu melakukannya. Hal ini menjadi salah satu emosi positif yang mungkin dirasakan anak saat berhasil memainkan lato-lato.