Penjelasan BPPTKG Soal Benda Bercahaya Lintasi Gunung Merapi

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi

Luncuran lava pijar keluar dari kawah Gunung Merapi terlihat dari Srumbung, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2022).
Luncuran lava pijar keluar dari kawah Gunung Merapi terlihat dari Srumbung, Magelang, Jawa Tengah, Rabu (4/5/2022). | Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Sebuah benda bercahaya melintasi langit di atas Gunung Merapi. Fenomena tersebut terpantau pada 24 Januari 2023, sekitar pukul 01.30 WIB.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY mengatakan, fenomena itu sempat terekam oleh kamera CCTV Badan Geologi yang berada di Pos Jrakah yang berada di sisi barat Gunung Merapi. Namun, benda bercahaya yang melintasi Merapi dikatakan tidak berkaitan dengan aktivitas Gunung Merapi.

"Berdasarkan data kegempaan, tidak terekam adanya sinyal yang signifikan pada jam tersebut," kata Kepala BPPTKG DIY, Agus Budi Santoso, Kamis (26/1/2023).

Agus menyebut, pihaknya tidak dapat memastikan benda langit yang melintasi langit Merapi tersebut. BPPTKG, lanjutnya, tidak memiliki kapabilitas dalam mengamati benda langit.

"BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi, namun kami tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit, sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut," ujar Agus.

Terkait dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi, Agus menyampaikan bahwa saat ini cukup tinggi. Aktivitas vulkanik Merapi berupa erupsi efusif, yang ditandai dengan aktivitas pertumbuhan kubah lava, pembentukan guguran, dan awan panas guguran.

"Tingkat aktivitas masih siaga, masyarakat diimbau untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya," jelasnya.

Terkait


Selama Sepekan, Gunung Merapi Luncurkan Tiga Guguran Lava

Hari Ini Marapi Sudah Erupsi 13 Kali

Suplai Magma dan Anomali Panas Jelang Erupsi Merapi

Pelestari Anggrek Asli Gunung Merapi

Gunung Merapi Luncurkan 13 Kali Guguran Lava Selama Sepekan

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark