Jumat 27 Jan 2023 07:32 WIB

Lato-Lato Bisa Gantikan Gawai? Ini Efek Positif dan Negatifnya

Lato-lato memang bisa mendistrasi anak dari bermain gawai.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Indira Rezkisari
Sejumlah anak memainkan lato-lato di Kelurahan, Maliaro, Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu (14/1/2023). Dinas Pendidikan Kota Ternate meminta kepada pihak sekolah dan orang tua siswa untuk jenjang pendidikan SD dan SMP se-Kota Ternate untuk melarang para siswa membawa permainan lato-lato yang sedang tren itu ke sekolah karena akan mengganggu kegiatan belajar mengajar yang dinilai  berbahaya sehingga mengantisipasi kecelakaan bagi anak di daerah itu. ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Andri Saputra
Sejumlah anak memainkan lato-lato di Kelurahan, Maliaro, Kota Ternate, Maluku Utara, Sabtu (14/1/2023). Dinas Pendidikan Kota Ternate meminta kepada pihak sekolah dan orang tua siswa untuk jenjang pendidikan SD dan SMP se-Kota Ternate untuk melarang para siswa membawa permainan lato-lato yang sedang tren itu ke sekolah karena akan mengganggu kegiatan belajar mengajar yang dinilai berbahaya sehingga mengantisipasi kecelakaan bagi anak di daerah itu. ANTARA FOTO/Andri Saputra/foc.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dokter spesialis anak, Eny Febrianti, mengatakan bahwa mainan seperti pisau bermata dua memiliki efek negatif dan positif. Pun demikian dengan mainan lato-lato yang sangat diminati anak-anak saat ini.

Hampir setiap waktu, kita bisa mendengar lato-lato. Rupanya, lato-lato memiliki efek positif dan negatif untuk anak.

Baca Juga

“Ada efek positif dan negatif bermain lato-lato,” kata Eny dalam webinar “Plus Minus Latto Latto Bagi Mental dan Otak Anak” disimak di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Efek positif dari mainan yang pernah populer pada 1960-1970-an itu, pertama, melatih motorik halus, ketangkasan, dan konsentrasi anak. Kedua, membutuhkan keterampilan dan keahlian khusus.